Berita Tarakan Terkini

Dua Pekan Kasus Covid-19 di Tarakan Mulai Naik, 15 Orang Positif, Masyarakat Diimbau Taat Prokes 

Kasus positif Covid-19 di Kota Tarakan, Kaltara selama dua pekan ini jumlahnya semakin bertambah. Berdasarkan data saat ini ada 15 orang positif.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Angka kasus Covid-19 mulai perlahan melonjak. Masyarakat diharapkan tetap menerapkan prokes. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kasus positif Covid-19 per 20 Agustus 2022 di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara)mencapai 15 kasus. Jumlah ini mengalami pertambahan dari dua pekan sebelumnya tercatat hanya ada sekitar 5 kasus.

Jika ditelisik, perlahan kenaikan kasus mulai terjadi satu per satu bertambah pada 8 Agustus 2022 sebanyak 6 kasus positif Covid-19.

Kemudian, pada 9 Agustus 2022, naik satu kasus dan berjumlah total 7 kasus. Sehari setelahnya pada 10 Agustus 2022 naik menjadi 9 kasus aktif. Pada 13 Agustus naik menjadi 10 kasus. Sempat menurun satu kasus pada 15 Agustus 2022 kemarin namun angka melonjak mencapai 11 kasus per 16 Agustus 2022.

Baca juga: Bertahan Nihil Positif Covid-19, Tahun Ini Upacara HUT RI ke-77 Digelar di Kecamatan Malinau Selatan

Lalu per 17 Agustus 2022 kemarin angka kasus bertambah menjadi 13 dan sampai pada 20 Agustus 2022 mencapai 15 kasus positif Covid-19 saat ini.

Kepala Dinkes Kota Tarakan, dr Devi Ika Indriarti yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan mengungkapkan, saat ini satgas tetap aktif melakukan tracing, testing dan treatment atau dikenal (3T).

“Jadi tracing kasus terus dilakukan, lalu testing dan di-treatment. Masyarakat tetap harus minimal 3M dan maksimal 5M,” ujarnya.

Baca juga: Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Nunukan, Jubir Satgas Minta Warga Tetap Patuhi Prokes

Sebenarnya tidak hanya pada kasus naik tetapi juga pada kasus turun. Justru angka kasu yang terjadi saat ini terkesan mengalami peningkatan karena keaktifan petugas melakukan 3T tersebut.

“Malah lebih maksimal dilakukan screening ke orang-orang, apalagi PTM setiap bulan selalu dilakukan rutin,” ujarnya.
Setiap bulan 10 sekolah target disasar pihaknya untuk mengambil sampling. Jika ada yang ditemukan positif maka langsung dilakukan tracing ke kontak erat.

Ia melanjutkan, termasuk jemaah haji yang baru tiba di Tarakan kemarin, pihaknya tetap melakukan pengawasan selama 21 hari.

Angka kasus Covid-19 mulai perlahan melonjak. Masyarakat diharapkan tetap menerapkan prokes.
Angka kasus Covid-19 mulai perlahan melonjak. Masyarakat diharapkan tetap menerapkan prokes. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Kami sarankan menjaga kesehatan, kurangi kontak dan pakai masker ketat menghindari dan memutuskan rantai penularan,” urainya.

Sehingga semisal ada yang terkonfirmasi positif, jika memakai masker tetap meminimalisir penularan ke orang lain yang menjadi kontak erat.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Nunukan Tambah 1 Pasien, Vaksinasi Dosis 1 Capai 87,3 Persen

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes mengungkapkan, sebenarnya untuk kondisi Covid-19 secara umum kasus lokal Tarakan sudah mulai melandai.

“Kasus kita relative sedikit dan tidak dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri di rumah,” urainya.
Saat ini juga, berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, di 2021 tumbuh di angka 4,02 persen.

“Tahun ini kita sudah pada posisi 5,04 persen. Mudah-mudahan sampai akhir tahun bisa 6 persen,” urainya.
Ia melanjutkan, saat ini memang belum bisa dikatakan pulih seperti normal 2019 lalu. Namun menurutnya di 2022 ini sudah masuk di fase reborn.

Baca juga: Positif Covid-19, Begini Kondisi Kim Se Jeong yang Terpaksa Tunda Fan Meeting Solo Perdananya

“Kita sudah bangkit kembali. Ekonomi sudah mulai bergerak meskipun amanat Bapak Presiden dalam situasi ini kita tetap harus berhati-hati karena pandemi ini di beberapa tempat termasuk belahan dunia lain masih belum selesai,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved