Berita Daerah Terkini

Kronologi Pengungkapan Kasus Sabu di Perbatasan RI-Malaysia Nunukan, Satgas Pamtas Lakukan ini

Kronologi pengungkapan kasus upaya penyelundupan narkoba jenis sabu di perbatasan RI-Malaysia, di Kabupaten Nunukan, Satgas Pamtas lakukan ini.

HO Pendam VI/Mulawarman
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung bersama Satresnarkoba Polres Nunukan menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu ke Indonesia. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN - Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu di perbatasan, Kamis (25/8/2022).

Dimana dalam upaya penjegalan barang haram tersebut dieksekusi oleh pasukan dari Pos Tanjung Aru, Sebatik Timur, Nunukan bersama Kodim 0911/Nunukan, Satresnarkoba Polres Nunukan, dan Kantor Bea Cukai Nunukan.

Kapendam VI/Mulawarman, Kolonel Inf Taufik Hanif menjelaskan, pengungkapan bermula dari adanya kapal mencurigakan yang bergerak menuju pesisir pantai Desa Bukit Aru Indah.

Dari kecurigaan tersebut, Satgas Pamtas Pos Tanjung Aru dan Kanit Reskoba melaksanakan pengintaian di pesisir pantai Desa Bukit Aru Indah.

Baca juga: Kronologi Pengungkapan Sabu 1 Kg Diselipkan di Pohon Mangrove, Petugas Curiga Jejak Kaki Pelaku

"Setelah didapati perahu yang mencurigakan tersebut, langsung dilakukan pemeriksaan," tutur Taufik, Jumat (26/8/2022).

Benar saja, dari penggeledahan petugas menemukan dengan berat 103 gram yang dikemas dalam 36 bungkus plastik transparan terpisah dengan ukuran yang berbeda.

Selanjutnya para tersangka dan barang bukti dibawa ke Makotis Satgas Pamtas 621/Manuntung untuk diadakaan pemeriksaan.

Adapun pelaku yang yang berhasil diamankan adalah LB, AS, E, LT, HA dan SA. Disamping barang bukti sabu, petugas turut mengamankan unit ponsel berbagai merk, timbangan, korek api dan alat hisap.

"Setelah dilaksanakan pemeriksaan di Makotis Satgas Pamtas 621/Manuntung, selanjutnya para pelaku beserta barang bukti diserahkan ke Satres Narkoba Polres Nunukan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," imbuh Taufik.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Peredaran Sabu 36 Bungkus di Pulau Sebatik, 6 Orang Diamankan

Dirinya menambahkan, kondisi geografis di perbatasan, khususnya Kabupaten Nunukan yang berbatasan langsung dengan Malaysia, merupakan daerah rawan akan kejahatan penyeludupan dan peredaran barang-barang haram.

"Dan ini terbukti dengan digagalkannya peredaran narkoba jenis sabu-sabu di perairan Sebatik, Nunukan," tukasnya.

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved