Berita Daerah Terkini

Hati-hati Sertifikat Tanah Bodong, Warga Samarinda Tertipu Rp 170 Juta, Ternyata Lahan Wakaf Masjid

Hati-hati sertifikat tanah bodong, warga Samarinda tertipu Rp 170 juta, ternyata yang dibeli dari Ketua RT adalah lahan wakaf Masjid.

TRIBUNKALTARA.COM / RITA LAVENIA
Sapto Dahono (kanan) bersama kuasa hukumnya Dyah Lestari (kiri) saat menunjukan sertifikat asli dan palsu atas kasus mafia tanah di Kota Samarinda. 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA - Praktik mafia tanah di Kota Samarinda kembali menyeruak ke permukaan publik.

Parahnya lagi yang diperjualbelikan adalah tanah wakaf yang diperuntukan untuk Masjid Annoor yang berada di Jalan Lambung Mangkurat Gang 9.

Tanah seluas 7×21 meter persegi tersebut berada di Jalan Suryanata, Gang 9, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu dan telah dibeli oleh seorang warga bernama Sapto Dahono dari Ketua RT setempat.

Di hadapan media, kuasa hukum korban, Dyah Lestari menjelaskan bahwa kliennya membeli tanah tersebut pada Mei 2018 dengan harga Rp 165 juta.

Baca juga: Residivis Hingga 5 Kali, RS Penggerak Sabu 1 Kg dari Rutan Samarinda Terancam Berbagai Hukuman Berat

"Klien saya mau karena kata RT itu tanah beliau sendiri dan ditawarkan awal dengan harga Rp 200 juta," jelasnya Dyah Lestari Rabu (31/8/2022).

Tidak ingin mengulur waktu, sang klien langsung membangun rumah di atas tanah tersebut pada Mei 2021.

Setengah pembangunan, para pekerja dikejutkan dengan kehadiran sejumlah orang dari pihak masjid yang mengaku pemilik tanah tersebut.

Terkejut dan bingung, Sapto pun mendatangi Ketua RT untuk mempertanyakan kejanggalan tersebut.

"Tidak apa-apa. Tanahnya bersertifikat. Aman saja, itu urusan saya," ucap Dyah Lestari mengulang perkataan sang ketua RT yang meyakinkan kliennya untuk melanjutkan pembangunan rumah.

Namun secara mendadak, pada 15 Februari 2022 sang klien kembali dikejutkan dengan kedatangan ahli waris bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang ingin melakukan floating atau pengukuran kembali untuk membuktikan keabsahan sertifikat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved