Bulungan Memilih

Sosialisasikan Petunjuk Teknis Terbaru Soal Ganda Eksternal, KPU Bulungan Undang Pimpinan Parpol

Sosialisasikan petunjuk teknis terbaru soal ganda eksternal, KPU Bulungan undang pimpinan partai politik atau parpol hadir di agenda rapat koordinasi.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Rakor sosialisasi juknis terbaru terkait pendaftaran dan verfikasi administrasi parpol pemilu 2024 di Kantor KPU Bulungan, Rabu (31/8/2022). Rakor itu turut dihadiri pimpinan parpol tingkat Kabupaten Bulungan.  

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - KPU Bulungan melakukan Rapat Koordinasi (rakor) bersama pimpinan partai politik tingkat Kabupaten Bulungan, Rabu (31/8/2022).

Salah satu yang dibahas dalam rakor itu ialah untuk menyosialisasikan mengenai Petunjuk Teknis (juknis) terbaru, bagi parpol yang pengurus atau anggotanya masuk dalam kategori ganda eksternal.

Sebagai informasi, ganda eksternal ialah ketika nama dari pengurus atau anggota suatu parpol juga tercatat menjadi pengurus ataupun anggota di parpol lainnya.

Jika terjadi ganda eksternal, maka parpol harus membuat surat untuk membuktikan bahwa nama yang tercatat dalam ganda eksternal itu adalah benar bagian dari anggotanya.

Baca juga: Cabor Porprov Kaltara Pertama Paling Banyak Digelar di Bulungan, Tarakan Hanya Tujuh Cabor

Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani
Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Parpol harus menindaklanjuti ganda eksternal di tahap verifikasi administrasi, jadi ini harus dibuktikan dengan surat keterangan dari parpol," kata Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani.

Menurut Lili, dalam pembuatan surat pembuktian itu, maka di aturan terbaru surat pembuktian tak perlu dilengkapi dengan materai namun surat tersebut harus berasal dari dewan pengurus pusat (DPP) suatu parpol.

Lili mengatakan, regulasi terbaru justru membantu parpol karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli materai.

"Regulasi yang sebelumnya itu kan harus menggunakan materai. Tapi sekarang tidak harus menggunakan materai, tapi harus ada surat dari DPP partai, jadi sebenarnya ini lebih memudahkan," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, parpol yang terdapat ganda eksternal untuk segera membuat surat pembuktian, "Ini paling lambat tanggal 4 dan 5 September," katanya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved