Berita Daerah Terkini

Tingkatkan Kapasitas APH Tangani Perkara Korupsi, KPK Gelar Pelatihan Bersama di Kalimantan Timur

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango hadir membuka pelatihan bersama Aparat Penegak Hukum (APH) di Kalimantan Timur ( Kaltim )

Editor: Amiruddin
HO/KPK
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango hadir membuka pelatihan bersama Aparat Penegak Hukum (APH) di Kalimantan Timur ( Kaltim ) 

TRIBUNKALTARA.COM - Dalam rangka sinergitas serta percepatan pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi (TPK) terintegrasi, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menggelar pelatihan bersama Aparat Penegak Hukum ( APH ).

Pelatihan diadakan selama 4 hari, 5 – 8 September 2022 di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur ( Kaltim ).

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango hadir membuka kegiatan dan menyampaikan pentingnya sinergitas untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna dalam upaya pemberantasan TPK berdasarkan asas kesetaraan kewenangan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia.

“Kita pahami bahwa pembentuk undang-undang mengharapkan bahwa Kepolisian, Kejaksaan dan KPK sebagai lembaga yang menangani perkara TPK perlu meningkatkan sinergitasnya sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna,” ujar Nawawi di hadapan 70 orang peserta pelatihan.

Peserta pelatihan terdiri dari Penyidik pada Polda berjumlah 25 orang, Penyidik Bareskrim Polri 1 orang, Jaksa pada Kejaksaan Tinggi 22 orang, Jaksa pada Jampidsus Kejaksaan RI 2 orang, Jaksa pada Jampidmil Kejaksaan RI 2 orang, Auditor Perwakilan BPKP Provinsi 4 orang, Auditor pada Inspektorat Provinsi 4 orang, Auditor pada BPK Perwakilan Provinsi 4 orang dan Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Tinggi Kaltim 6 orang.

Selain itu, KPK juga sudah melaksanakan sinergitas dalam tugas Koordinasi dan Supervisi (Korsup), di antaranya yaitu satu, membangun sistem SPDP Online sebagai sistem pelaporan penanganan perkara TPK. Kedua, melaksanakan kegiatan Korsup penanganan perkara TPK secara bersama-sama dengan perwakilan dari Bareskrim Polri dan Jampidsus Kejaksaan Agung RI.

“Dan ketiga, memberikan bantuan/fasilitasi kepada Kejaksaan dan Kepolisian dalam penanganan perkara TPK yang mengalami hambatan,” terang Nawawi.

Foto bersama di sela pelatihan bersama Aparat Penegak Hukum
Foto bersama di sela pelatihan bersama Aparat Penegak Hukum (APH) yang dihadiri Wakil Ketua KPK di Kaltim.

Baca juga: Cegah Kerugian Negara, Wali Kota Tindaklanjuti Saran Tim Satgas KPK, Dua Kasus Masih Proses Kasasi

Sesuai rencana, Nawawi menjelaskan, tahun 2022 ini target kerja Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK melaksanakan pelatihan bersama di 10 wilayah.

Dua di antaranya Sulawesi Tenggara dilaksanakan Maret 2022 yang lalu dan Kaltim September 2022 ini.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Bersama antara KPK, Kejaksaan RI dan Kepolisian RI tentang “Optimalisasi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi” yang ditandatangani oleh Pimpinan KPK, Jaksa Agung RI dan Kapolri.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved