Berita Kaltara Terkini

Berkas yang Diajukan Lengkap, Sekretaris DPMPTSP Kaltara Pastikan Perizinan Terbit Lima Hari Kerja

Berkas yang diajukan lengkap, Sekretaris DPMPTSP Kaltara Agust Suwandy pastikan perizinan terbit lima hari kerja: Perizinan sekarang tak serumit dulu.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Pelayanan pengurusan perizinan di DPMPTSP Kaltara, Gedung Gadis, Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kaltara (DPMPTSP) memastikan mempermudah pelayanan perizinan bagi pelaku usaha.

Kepala DPMPTSP Kaltara Ferry Ferdinand melalui Sekretaris DPMPTSP Kaltara, Agust Suwandy, mengatakan, perizinan semakin dipermudah lewat layanan online single submission (OSS) dari pemerintah pusat.

Menurut Agust Suwandy, dengan adanya OSS maka pelaku usaha dapat mengurus usahanya ke pemerintah, baik itu di tingkat pemerintah pusat maupun daerah berdasarkan resiko dan skala usahanya.

"Sekarang itu ada OSS ini untuk integrasi perizinan, jadi pelaku usaha bisa akses untuk nanti diketahui, ini masuk kewenangan mana dan tingkat resiko usahanya dan skala usahanya," kata Agust Suwandy.

Baca juga: Bantuan Modal Bagi Mustahik Produktif Perdana di Kaltara, Jadi Program Unggul Baznas

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kaltara, Agust Suwandy.
Sekretaris DPMPTSP Kaltara, Agust Suwandy. (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Perizinan sekarang tak serumit dulu, sekarang dengan sistem terpadu lewat OSS itu tinggal melengkapi persyaratan dan di-upload," ungkapnya.

Jika pelaku usaha telah melengkapi berkas yang dibutuhkan dan mendapatkan verifikasi dari instansi terkait, Agust memastikan, berkas perizinan dapat diterbitkan dalam kurun waktu lima hari kerja.

Berkat sistem tersebut dan pelayanan yang memudahkan perizinan, pihaknya telah menerbitkan ratusan izin usaha di 2022 ini.

"Dan kalau memang verifikasi dari instansi terkait itu sudah lengkap kami akan memproses dan itu tidak lama, paling lama lima hari kerja izin itu sudah diterbitkan," ujarnya.

Baca juga: Gelar Rakor Antar Lembaga, KPU Kaltara Harap Tak Ada Politisasi SARA dan Identitas Saat Pemilu

"Sepanjang 2022 ada 369 izin yang dikeluarkan oleh DPMPTSP Provinsi, jadi memang prosesnya cepat," tuturnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved