Berita Kaltara Terkini

Soal Perizinan, DPMPTSP Kaltara Pastikan Permudah Pelayanan, Agust Suwandy: Proses Lama Bisa Mengadu

Soal perizinan, DPMPTSP Kaltara pastikan permudah pelayanan, Sekretaris DPMPTSP Kaltara, Agust Suwandy: Proses Lama Bisa Mengadu.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Pelayanan pengurusan perizinan di DPMPTSP Kaltara, Gedung Gadis, Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltara memastikan terus mempermudah pelayanan perizinan.

Menurut Sekretaris DPMPTSP Kaltara, Agust Suwandy, proses perizinan hari ini, terlebih dengan adanya sistem online single submission (OSS) menjadi semakin mudah.

Ia mengatakan, jika pelaku usaha melengkapi berkas dari instansi terkait, maka izin sudah dapat diterbitkan dalam waktu lima hari kerja.

Agust menjelaskan, masyarakat dan pelaku usaha dapat datang ke Kantor DPMPTSP Kaltara untuk mengurus izin dan non-perizinan, ia memastikan para petugas akan membantu masyarakat jika menemukan kesulitan dalam pengurusan.

Baca juga: Berkas yang Diajukan Lengkap, Sekretaris DPMPTSP Kaltara Pastikan Perizinan Terbit Lima Hari Kerja

Pelayanan pengurusan perizinan di DPMPTSP Kaltara, Gedung Gadis, Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara.
Pelayanan pengurusan perizinan di DPMPTSP Kaltara, Gedung Gadis, Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara. (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Kalau di sini kami ada 16 sektor perizinan, dari perikanan, pertanian sampai seni budaya, termasuk non-perizinan seperti surat keterangan penelitian," kata Sekretaris DPMPTSP Kaltara, Agust Suwandy.

"Dan memang kalau ada kesulitan dan keluhan bisa datang ke sini, jadi nanti ada petugas kami yang akan membantu," ungkapnya.

Selain memastikan bantuan petugas, Agust mengatakan, pihaknya menyediakan layanan pengaduan seandainya ada perizinan yang cukup lama prosesnya.

Menurutnya layanan-layanan tersebut adalah bagian dari standar pelayanan DPMPTSP Kaltara yang telah mendapatkan sertifikat wilayah bebas korupsi (WBK) dan menuju wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) dari KemenPAN-RB.

"Kami juga ada layanan pengaduan, jadi kalau ada kritik atau pertanyaan 'kenapa kok proses izin itu belum selesai?' nanti bisa gunakan layanan pengaduan itu," ujarnya.

Baca juga: Bantuan Modal Bagi Mustahik Produktif Perdana di Kaltara, Jadi Program Unggul Baznas

Tak hanya di ibu kota provinsi, Agust menjelaskan, layanan DPMPTSP Kaltara juga dibuka di sejumlah daerah lain di Kaltara.

Ini bertujuan agar masyarakat dapat melakukan proses perizinan tanpa harus datang jauh-jauh ke Tanjung Selor.

"Kami juga sudah membuka gerai cabang perizinan PTSP Provinsi di Tarakan, Nunukan dam Sebatik, jadi ada gerai khusus. Jadi untuk mengurus perizinan yang kewenangannya di tingkat provinsi cukup di sana saja, tidak perlu lagi ke sini," tuturnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved