Berita Kaltara Terkini

Kepala BKAD Kaltara Sebut DAU Dua Persen untuk Redam Dampak Kenaikan Harga BBM Siap Disalurkan

Kepala BKAD Kaltara sebut DAU dua persen untuk redam dampak kenaikan harga BBM siap disalurkan: Semua syarat salur kita untuk DAU sudah bisa dilakukan

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Rapat dengar pendapat (RDP) antara DPRD Kaltara dan TPID Pemprov Kaltara membahas pengendalian inflasi pasca kenaikan harga BBM, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara mengungkapkan telah melaporkan syarat penyaluran dana alokasi umum (DAU) sebesar 2 persen sebagai program bantuan sosial (bansos) untuk meredam dampak kenaikan harga BBM.

Kepala BKAD Kaltara, Denny Harianto, mengatakan, pengalihan DAU sebesar 2 persen untuk sejumlah program sudah dapat dilakukan hingga Desember nanti.

"Semua syarat salur kita untuk DAU itu sudah bisa dilakukan hingga Desember nanti," kata Denny Harianto.

"Berdasarkan hitungan kita, untuk pengalihan 2 persen itu ada sekitar Rp9,3 miliar, dan beberapa rincian kegiatan sudah kami laporkan untuk pengalihan itu," ungkapnya.

Baca juga: RDP Pengendalian Inflasi, Sekprov Kaltara Ungkap Program Kendalikan Inflasi, Singgung Pasar Murah

Kepala BKAD Kaltara, Denny Harianto.
Kepala BKAD Kaltara, Denny Harianto. (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)

Denny mengatakan, dari sekitar Rp9,3 miliar 2 persen dana DAU yang dialihkan sebagian besar digunakan untuk program subsidi transportasi seperti subsidi ongkos angkut (SOA) Penumpang.

Adapun sisanya akan digunakan untuk program pertanian.

"Seperti penyediaan infrastruktur lumbung pangan, nilainya Rp81,4 juta, penyediaan pangan berbadis sumber daya lokal Rp53,5 juta dan pengawasan penyebaran pupuk, alsintan nilainya Rp236 juta," katanya.

"Lalu ada juga subsidi sektor transportasi Rp8,9 miliar," ungkap Denny.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved