Berita Daerah Terkini

Kapal Besar Sandar Ganggu Terumbu Karang di Turtle Trafick Pulau Maratua? Bupati Berau Bereaksi ini

Kapal besar sandar ganggu terumbu karang di Turtle Trafick Pulau Maratua? Bupati Berau bereaksi ini, Sri Juniarsih: Tak bisa dibiarkan seperti itu.

HO
Tangkapan layar satu unit kapal bernama Flaying Fish 518 bersandar dan menurukan jangkar di Turtle Trafick Pulau Maratua. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG REDEB – Adanya kapal besar yang bersandar di Pulau Maratua bisa merusak Terumbu Karang, hal itu menjadi perhatian dari berbagai pihak.

Salah satunya Bupati Berau, Sri Juniarsih yang meminta pemerintah Kecamatan Maratua dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk turun tangan.

Seperti yang dijelaskan Sri Juniarsih, bahwa adanya kapal yang bersandar di Pulau Maratua bisa mengakibatkan biota laut rusak.

“Tidak bisa dibiarkan jika seperti itu, dan saya akan segera memerintahkan aparatur kampung untuk melihat mengapa kapal besar tersebut menepi di Pulau Maratua,” singkatnya kepada TribunKaltara.com, Selasa (20/9/2022).

Terpisah, Kepala Disbudpar, Ilyas Natsir mengatakan bahwa dirinya sudah menugaskan anggota untuk melakukan pemantauan terhadap kapal yang bersandar di Pulau Maratua tersebut.

Baca juga: Delapan Rumah di Gang Manggunggal Tanjung Redeb Terbakar, BPBD Berau Ngaku Kekurangan Mobil Damkar 

Tetapi, sampai saat ini dirinya tidak mengetahu apa yang mengakibatkan kapal tersebut berlabuh.

“Saya sudah memerintahkan tim untuk mendatangi lokasi, dan kita menunggu laporan dari tim tersebut apa penyebabkan sehingga dia melemparkan jangkar itu,” jelasnya.

Setelah mengetahui apa penyebab terjadinya maka dirinya juga akan melakukan penindakan jika memang terjadi kesalahan yang fatal.

Yang mana bisa menyebabkan kerusakan tumbukarang yang ada di lokasi tersebut.

“Akan kita tindak tegas jika memang ada kesengajaan ataupun lainnya, yang jelas akan kita lihat dahulu seperti apa,” tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved