Berita Malinau Terkini

Pemda Bakal Berikan Bantuan ke Masyarakat, Wakil Bupati Jakaria Sebut Masih Dibahas DPRD Malinau

Masyarakat Malinau tentunya yang berhak sebagai penerima akan mendapatkan tiga jenis bantuan yakni, BLT, BSU dan bantuan dari pemerintah daerah.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, Penyaluran Bantuan Sosial Kemensos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Malinau. Bansos dari Pemerintah daerah juga akan dialokasikan dari 2 persen Dana Transfer Umum melalui APBD Perubahan Malinau tahun ini. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pemerintah RI menyiapkan tiga jenis bantalan sosial untuk pengalihan subsidi bahan bakar minyak atau BBM.

Meliputi bantuan langsung tunai (BLT), bantuan subsidi upah (BSU) dan Bantuan dari Pemerintah Daerah.

Saat dikonfirmasi TribunKaltara.com, Wakil Bupati Malinau Jakaria menjelaskan intruksi tersebut merupakan keputusan yang wajib dijalankan pemerintah daerah.

Baca juga: Instruksi Realokasi Anggaran Untuk Bansos BBM, Tunda Penetapan Raperda APBD Perubahan Malinau

"Karena ini perintah aturan, Pemerintah daerah wajib menerapkan aturan ini. Sesuai peruntukannya dibahas dan disalurkan kepada yang berhak," ungkapnya, Selasa (20/9/2022).

Sementara ini, usulan alokasi 2 persen Dana Transfer Umum yakni Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Malinau untuk program perlindungan sosial tersebut tengah dibahas melalui APBD Perubahan 2022.

Baca juga: Dana Transfer Umum Dua Persen untuk Bansos, Begini Penjelasan Asisten II Pemprov Kaltara

Ditanya terkait sebaran, Jakaria menyampaikan sinkronisasi data dibutuhkan untuk menghindari tumpang tindih jenis bantuan.

Pemadanana data ini nantinya dilaksanakan secara berjenjang agar bantuan benar-benar diterima bagi mereka yang berhak.

i


Ilustrasi, Penyaluran Bantuan Sosial Kemensos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Malinau. Bansos dari Pemerintah daerah juga akan dialokasikan dari 2 persen Dana Transfer Umum melalui APBD Perubahan Malinau tahun ini.
Ilustrasi, Penyaluran Bantuan Sosial Kemensos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Malinau. Bansos dari Pemerintah daerah juga akan dialokasikan dari 2 persen Dana Transfer Umum melalui APBD Perubahan Malinau tahun ini. (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

"Makanya, data itu perlu. Dari pemerintah daerah berupaya agar ada pemerataan sebaran penerima. Sinkronisasi data ini nanti akan menjadi bahan dan acuan penyaluran bantuan," katanya.

Saat ini, pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Perubahan 2022 Malinau masih dalam pembahasan oleh DPRD Malinau dan menanti untuk disahkan.

Baca juga: Imbas Kenaikan Harga BBM di Daerah, Dua Persen Dana Transfer Malinau akan Dialihkan ke Bansos

Kebijakan dukungan 2 persen Dana Transfer Umum untuk perlindungan sosial dan penciptaan lapangan kerja diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022

 

 

 

 

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved