Berita Kaltara Terkini

Bakal Bangun Jalan Akses ke KIPI, Pemprov Kaltara Sebut Rute Lewati Kawasan HGU Perusahaan

Rencana Pmeprov Kaltara akan melakukan pembangunan jalan baru itu untuk mempercepat akses jalan ke daerah pesisir Bulungan, Kalimantan Utara.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Kondisi jalan agregat menuju Tanah Kuning Mangkupadi. Dinas PUPR Perkim Kaltara berencana membangun jalan pendekat dengan rute baru sepanjang 68 kilometer. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Pemprov Kaltara berencana membangun jalan akses baru dari Tanjung Selor ke daerah kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Rencana pembangunan jalan baru itu untuk mempercepat akses jalan ke daerah pesisir Bulungan tersebut.

Sebab jalan yang ada saat ini memiliki rute yang cukup panjang dengan kondisi jalan yang belum cukup baik.

Baca juga: PT KIPI Rampungkan 4 Dokumen Perizinan, Gubernur Paparkan Progres Perizinan kepada Luhut Panjaitan

Menurut Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas PUPR Perkim) Kaltara, rute jalan akses atau disebut jalan pendekat itu tak akan melewati jalan antardesa.

Melainkan akan melewati kawasan hak guna usaha (HGU) milik sejumlah perusahaan di sektor perkebunan kelapa sawit dan pertambangan batu bara dengan panjang jalan sekitar 68 kilometer.

Baca juga: Senator DPD RI Fernando Sinaga Minta Menteri ATR/BPN Kawal Program Strategis Nasional KIPI Kaltara

"Itu tidak kena jalan desa, startnya di Tanjung Selor kilo 4, lalu lurus ke arah Binai, lalu belok sedikit dan lurus terus ke arah Tanah Kuning," ungkap Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara, Datu Iman Suramenggala.

Datu Iman mengatakan, terkait ketersediaan lahan untuk pembangunan jalan diharapkan tidak akan ada masalah.

Kondisi jalan di Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur, Bulungan, Kaltara. Dinas PUPR Perkim Kaltara berencana membangun jalan pendekat dengan rute baru sepanjang 68 kilomete
Kondisi jalan di Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur, Bulungan, Kaltara. Dinas PUPR Perkim Kaltara berencana membangun jalan pendekat dengan rute baru sepanjang 68 kilomete (TRIBUNKALTARA.COM)

Sebab, 7 perusahaan yang lahannya akan dilewati oleh rencana proyek jalan itu telah menandatangani prinsip, yang menyatakan bersedia melepas kawasan HGU yang bersinggungan dengan proyek jalan.

"Alhamdulillah perusahaan yang telah memiliki izin HGU itu sudah ber-MoU dengan kita, artinya mereka siap bila lahan mereka dilalui jalan pendekat itu," katanya.

Baca juga: DPRD Bulungan Minta Komitmen Pemkab Soal Percepatan Pembangunan KIPI dan PLTA Sungai Kayan

"Jadi mereka bersedia melepas kawasan yang akan dilalui jalan, jadi secara prinsip sudah bersedia untuk melepas kawasan itu," ujarnya.

 

 

 

 

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved