Berita Malinau Terkini

Tingkatkan Daya Saing Komoditas Pangan, BPTP Kaltim Bekali Penyuluh Pertanian dan Petani di Malinau

Tingkatkan daya saing komoditas pangan, BPTP Kaltim bekali Penyuluh Pertanian dan petani di Malinau: Teknologi dan metode yang dihasilkan kami bagikan

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Bimbingan Teknis peningkatan daya saing komoditas pangan di Kabupaten Malinau oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur atau BPTP Kaltim di Aula Hotel MC Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (21/9/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur (BPTP Kaltim) melaksanakan bimbingan teknis peningkatan daya saing komoditas pangan di Kabupaten Malinau, Rabu (21/9/2022).

Bimtek ini dihadiri oleh penyuluh, kelompok tani dan petani di wilayah kerja Dinas Pertanian Kabupaten Malinau.

Kepala BPTP Kaltim, Zainal Abidin menerangkan, Provinsi Kalimantan Utara juga termasuk dalam wilayah kerja BPTP Kaltim, untuk itu rangkaian kegiatan bimtek yang dilaksanakan oleh BPTP Kaltim juga dilaksanakan di Kab.Malinau, salah satu kabupaten di Prov.Kaltara

Melalui kegiatan ini, BPTP Kaltim membekali peserta terkait hasil kajian dan teknologi guna meningkatkan daya saing komoditas pertanian di Malinau.

Bimbingan Teknis peningkatan daya saing komoditas pangan di Kabupaten Malinau oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur atau BPTP Kaltim di Aula Hotel MC Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (21/9/2022).
Bimbingan Teknis peningkatan daya saing komoditas pangan di Kabupaten Malinau oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur atau BPTP Kaltim di Aula Hotel MC Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (21/9/2022). (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)

"Kegiatan Bimbingan Teknis ini untuk meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh di Malinau dalam kaitannya dengan peningkatan daya saing bersama Dinas Pertanian," ujarnya saat diwawancarai TribunKaltara.com di Malinau, Rabu (21/9/2022).

Bimbingan teknis tersebut menghadirkan 4 penyaji, yakni Kepala BPTP Kaltim, Zainal Abidin, Kepala Dinas Pertanian Malinau, Faridan, Dosen Politeknik Malinau Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan, Baren Puspita dan Pengawas Benih BPTP Kaltim, Asep.

Zainal Abidin menerangkan Kabupaten Malinau memiliki keunggulan dari segi luas wilayah, sebagai kabupaten terluas di Kalimantan Utara.

"Teknologi dan metode yang dihasilkan Litbang Pertanian kami bagikan kepada petani, penyuluh agar bisa diterapkan di lapangan. Terlebih, Kabupaten Malinau memiliki potensi besar dari segi luas wilayahnya," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malinau, Faridan mengapresiasi Bimtek yang dilaksanakan BPTP Kaltim. Hal ini sejalan dengan 1 dari 5 program unggulan Pemerintah Kabupaten Malinau.

"Ini sejalan dengan satu dari 5 program inovasi Malinau, Rasda Plus. Kegiatan dari BPTP Kaltim menambah wawasan bagi petani dan penyuluh kita untuk meningkatkan daya saing komoditas pertanian," katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved