Breaking News:

Cuaca Kaltara

Cuaca Kaltara di Kabupaten Nunukan Jumat 23 September 2022, BMKG Imbau Waspada Cuaca Ekstrem

BMKG prediksi masyarakat diimbau waspada adanya cuaca Kaltara Ekstrem di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara hari ini, Jumat 23 SEptember 2022.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Cuaca Kaltara di Pulau Nunukan, Kalimantan Utara Langit mendung pada siang hari, belum lama ini. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Cuaca Kaltara di Kabupaten Nunukan masuk dalam himbauan kewaspadaan cuaca ekstrem wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) mulai 21-23 September 2022.

Sesuai himbauan kewaspadaan yang dikeluarkan oleh BMKG Tarakan, mulai 21-23 September 2022 adanya daerah belokan angin disertai daerah pertemuan angin yang memanjang di cuaca Kaltara

Serta labilitas lokal kuat, mendukung peluang pembentukan awan-awan hujan di cuaca Kaltara.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Jumat 23 September 2022, Tana Tidung Hujan Ringan Hingga Lebat Malam Hari

Kondisi demikian membuat cuaca Kaltara pada periode tersebut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Cuaca Kaltara untuk di wilayah Kabupaten Nunukan, kecamatan yang terdampak yakni Nunukan, Nunukan Selatan, Sebatik, Sebatik Barat, Sebatik Tengah, Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebuku, Sei Menggaris, Sembakung, Sembakung Atulai, Tulin Onsoi, Lumbis, Lumbis Ogong, dan Lumbis Hulu.

"Masyarakat perlu waspada dampak cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana hidrometeorologi. Seperti banjir dan genangan air di wilayah Kabupaten Nunukan," kata Prakirawan Cuaca BMKG Nunukan Ulifa, Jumat (23/09/2022), pukul 07.35 Wita.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Hari Ini Jumat 23 September 2022, Tarakan Siang Cerah Berawan 

Dari pantauan TribunKaltara.com, siang nanti wilayah yang diprakirakan cerah berawan yakni Nunukan, Nunukan Selatan, Sebatik, Sebatik Barat, Sebatik Tengah, Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebuku, Sei Menggaris, Sembakung, Sembakung Atulai, Tulin Onsoi, Lumbis, dan Lumbis Ogong.

Sementara wilayah lainnya yang diprediksi berawan diantaranya Krayan, Krayan Selatan, Krayan Barat, Krayan Timur, Krayan Tengah, Lumbis Pansiangan, dan Lumbis Hulu.

Pada sore hari, wilayah yang diprakirakan turun hujan ringan yakni Krayan, Krayan Selatan, Krayan Barat, Krayan Timur, dan Krayan Tengah.

Cuaca Kaltara di Pulau Nunukan, Kalimantan Utara hujan sedang pada siang hari, belum lama ini.
Cuaca Kaltara di Pulau Nunukan, Kalimantan Utara hujan sedang pada siang hari, belum lama ini. (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

Sedangkan dua wilayah lainnya yang bakal diguyur hujan petir yakni Lumbis Pansiangan dan Lumbis Hulu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved