Pemindahan IKN

Anak Mantan Gubernur Kaltim, Dayang Donna Faroek Masuk Tim Transisi IKN, Mendapat Mandat Khusus

Anak mantan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, yakni Dayang Donna Faroek  masuk Tim Transisi Badan Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Editor: Sumarsono
Tribun Kaltim
Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe menunjuk putri mantan Gubernur Kaltim, Dayang Donna Faroek masuk dalam Tim Transisi Otorita IKN guna pengembangan UMKM dan mengawal pembangunan daerah sekitarnya. 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA – Anak mantan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, yakni Dayang Donna Faroek  masuk Tim Transisi Badan Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Kabar tersebut disampaikan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe saat menghadiri Dies Natalis Universitas 17 Agustus (Untag) 45, Samarinda, Selasa (27/9/2022).

Sosok Dayang Donna Faroek yang juga Ketua Yayasan Untag 45 Samarinda saat ini menjabat Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kaltim periode 2022-2027.

Perempuan yang dikenal aktif berorganisasi ini dipilih masuk Tim Transisi Badan Otorita IKN diharapkan bisa berperan dalam lokalistik jalannya pembangunan IKN di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara ini.

"Ibu Dayang Donna Faroek diberikan kado di ulang tahun Untag 45 Samarinda ini.

Kami memberikan peran bagaimana kita bisa mengembangkan, bukan hanya IKN, tetapi superhub three cities (Samarinda, Balikpapan dan IKN)," kata Dhony ditemui usai menyampaikan orasi ilmiah di depan mahasiswa Untag Samarinda.

Baca juga: Polda Kaltim Ungkap Kegiatan Tambang Ilegal di IKN Nusantara, Tiga Penambang Diamankan

Dikemukakan, perlu ada orang yang bisa memahami kepentingan lokal dan menyatukan kepentingan IKN.

Badan Otoritas IKN memberikan mandat khusus kepada Dayang Donna Faroek untuk membangun suatu jejaring berbasis UMKM di daerah sekitar IKN khususnya Samarinda dan Balikpapan.

Presiden Joko Widodo menggelar seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden/MUCHLIS JR)
Presiden Joko Widodo menggelar seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden/MUCHLIS JR) (Biro Pers Sekretariat Presiden/MUCHLIS JR)

Tentunya masyarakat Penajam Paser Utara yang kini masuk dalam wilayah paling dekat dengan IKN.

"Beliau akan membantu UMKM di superhub tadi (three cities), agar akses pada modal lebih mudah, serta mendapat Nomor Induk Berusaha (NIB)," terangnya.

Dhony juga menambahkan, tugas khusus lain untuk Dayang Donna Faroek yakni dalam pengembangan wilayah Ibu Kota Nusantara dengan Samarinda dan Balikpapan.

Baca juga: Perbatasan Kaltara Sebagai Etalase IKN Nusantara, Ketua PDKU: Jangan Sampai jadi Jakarta Kedua

Balikpapan, Samarinda dan IKN diharap tumbuh secara terpadu, terencana.

"Jangan sampai terjadi seperti kota-kota lain yang tumbuh organik, menyebabkan banyak masalah permukiman.

Ini kado, tetapi sekaligus juga kehormatan, sebagai warga lokal, mudah-mudahan suatu saat perannya semakib besar lagi, kita doakan," pungkas Dhony.

(*)

Penulis : Mohammad Fairoussaniy

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved