Berita Daerah Terkini

Residivis Spesialis Pencurian Ajak Temannya Bawa Kabur Motor, Pelaku Diamankan Polisi 

Dua orang pria, salah satunya seorang residivis nekat melakukan pencurian sepeda motor di Jalan Sultan Hasanuddin, Baru Ulu, Balikpapan, Kaltim.

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO/ DWI ARDIANTO
Polsek Balikpapan Barat meringkus dua tersangka curanmor yang berencana akan menjual hasil curiannya ke KM 11, Balikpapan Utara. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN -  Dua orang pria, salah satunya seorang residivis nekat melakukan pencurian sepeda motor di Jalan Sultan Hasanuddin, Baru Ulu, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur.

Aksi pencurian yang terjadi belum lama ini dilakukan masing-masing YS (29) dan  SF (28).

Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol Djoko Purwanto menceritakan kronologi awal pencurian motor tersebut terjadi.

Baca juga: Berdalih Tagih Hasil Gadai Handphone, Polsek Sesayap Tangkap Tiga Pelaku Curanmor di Tideng Pale

Pelaku YS berstatus residivis spesialis pencurian Sabtu (24/9/2022) malam sekira pukul 20.30 Wita berkeliling dan akhirnya tiba di lokasi kejadian perkara.

Pria yang merupakan warga Kelurahan Baru Tengah itu mendapati ada sepeda motor merk Suzuki Satria F yang terpakirr di depan rumah dalam keadaan tidak terkunci.  

Melihat ini  YS berniat mencuri dan menjualnya secara ilegal.

Baca juga: Kasus Pencurian Motor di Tideng Pale Berujung Damai, Kapolsek Sesayap Ungkap Alasannya

Untuk memuluskan rencananya, YS lantas menghubungi temannya, tersangka SF yang tinggal tidak jauh dari kediaman korban.

"Seketika saudara SF datang, mereka mengamati situasi. Setelah aman mereka mendorong ke tempat aman dengan sebuah sepeda motor merk scoopy milik saudara YS," ucapnya Kompol Djoko Purwanto.

Polsek Balikpapan Barat meringkus dua tersangka curanmor yang berencana akan menjual hasil curiannya ke KM 11, Balikpapan Utara.
Polsek Balikpapan Barat meringkus dua tersangka curanmor yang berencana akan menjual hasil curiannya ke KM 11, Balikpapan Utara. (TRIBUNKALTIM.CO/ DWI ARDIANTO)

Sesampainya di kawasan Jalan Baru, mereka berdua mencoba membongkar soket untuk menghidupkan mesin. Selanjutnya, YS lantas mengendarai motor curian itu dan berencana akan menjualnya di kawasan KM 11.

Namun tak berselang lama, kendaraan yang akan dijual ini justru mogok. Mereka terpaksa harus berupaya menghidupkan kembali sepeda motor tersebut.

Baca juga: Curanmor Terjadi di Tideng Pale Kabupaten Tana Tidung, Kapolsek Sesayap Ungkap Kronologinya

"Bersamaan dengan itu, kita terima laporan dari korban. Lalu kita melakukan lidik dan menemukan barang bukti curian dan sepeda motor scoopy itu," ujar Djoko.

Namun justru tersangka YS mencoba melarikan diri. Meninggalkan barang bukti dan temannya yang hanya pasrah didatangi petugas.

Kata Djoko, pihaknya langsung melakukan pengejaran. Dimana YS diketahui bersembunyi di wilayah Gunung Bugis, sementara SF lebih dulu diamankan ke Mapolsek Balikpapan Barat.

Baca juga: Pelaku Pencurian Motor di Malinau Hulu Ditangkap, Polisi Kejar Pelaku Hingga ke Kabupaten Nunukan

Atas perbuatanya dua pelaku ini diganjar ancaman pidana penjara tujuh tahun penjara berdasarkan Pasal 363 KUHP.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved