Berita Malinau Terkini

Usai Jambore Nasional XI 2022, Kontingen Malinau Berbagi Pengalaman, Akui jadi Lebih Percaya Diri

Usai Jambore Nasional XI 2022, Kontingen Malinau berbagi pengalaman, akui jadi lebih percaya diri: Banyak yang minta foto-foto setelah kami tampil.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Kontingen asal Kabupaten Malinau pada Jambore Nasional XI 2022 saat berswafoto bersama Ketua Pramuka Kwarcab Malinau di Sekretariat Pramuka Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Seluruh peserta Perwakilan Malinau untuk Jambore Nasional ke XI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur pulang selamat ke Bumi Intimung.

Ada 16 Peserta Kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Malinau yang mengikuti rangkaian kegiatan sejak 14 hingga 21 Agustus 2022 lalu.

Saat ditemui TribunKaltara.com, seorang perwakilan peserta, Nabila Maulidya menceritakan keseruan selama mengikuti rangkaian kegiatan.

Siswi Kelas IX SMPN 2 Malinau Kota tersebut menyampaikan rasa bangga karena dipilih menjadi satu dari 16 peserta mewakili Malinau.

Baca juga: Realokasi Diakomodir Perubahan APBD, Bansos BBM Pemkab Malinau Segera Direalisasikan

Satu dari 16 Perwakilan Kontingen asal Malinau pada Kegiatan Jambore Nasional XI 2022, Nabila Mulidya saat ditemui di Sekretariat Pramuka Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu.
Satu dari 16 Perwakilan Kontingen asal Malinau pada Kegiatan Jambore Nasional XI 2022, Nabila Mulidya saat ditemui di Sekretariat Pramuka Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)

"Rombongan kami ada 16 orang. 8 Laki, 8 perempuan. Di sana ketemu teman-teman dari seluruh Indonesia. Kami bangga juga bisa. Ketemu anak-anak pramuka termasuk dari luar negeri," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Rabu (28/9/2022).

Peserta perwakilan Malinau dalam event skala nasional tersebut turut tampil mewakili Provinsi Kalimantan Utara dalam pagelaran seni tari.

Banyak hal-hal baru yang dibagikan bersama. Rangkaian kegiatan yang padat justru membuat peserta menikmati rangkaian kegiatan.

Satu hal yang membanggakan menurut Nabila adalah seusai menampilkan tarian, banyak peserta tertarik mengenal karakteristik masyarakat Kaltara terkhusus Malinau.

"Banyak yang minta foto-foto setelah kami tampil. Kita dicari karena orang-orang, sharing soal tari-tarian, kesenian di sana. Artinya, kita diperhitungkan juga karena seni budaya itu tadi," katanya.

Saat sesi sharing bersama 16 Perwakilan Peserta di Sekretariat Pramuka Kwarcab Malinau, seluruh peserta kompak mengatakan merindukan saat-saat perkemahan.

"Rasanya waktunya singkat. Sampai di sini rasanya mau ikut lagi ke sana. Karena selain kegiatan pramuka, kita juga ada jalan-jalan ke objek wisata, museum. Itu yang keingat terus," ucapnya.

Baca juga: Stok dan Pergerakan Komoditas Perlu Pengawasan Rutin, Redam Dampak Kenaikan Harga BBM di Malinau

Nabila mengatakan dari segi kesmaptaan atau ketahanan fisik, peserta asal Malinau tidak kalah kuat dari peserta kabupaten/kota lain.

Pengalaman di Bumi Perkemahan Cibubur tersebut memantik rasa kepercayaan diri peserta-peserta didik yang berpartisipasi pada Jambore Nasional ke XI tersebut.

"Dari segi fisik, kita nda kalah juga dari rombongan lain, jadi bangga. Semua pulang sehat, dan kita banyak belajar. Salah satunya jadi percaya diri, yakin kalau anak-anak Malinau juga bisa bersaing. Semoga ada kegiatan bisa ikut lagi," kata Nabila.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved