Berita Bulungan Terkini

Perahu Legendaris Uyau I'ot dari Desa Teras Nawang Menang, Lomba Dayung Festival Sungai Kayan

Lomba perahu dayung tim yang berlaga di kelas ini, yakni tim dari Desa Teras Nawang, Desa Jelarai Selor, Desa Long Bang, Desa Tengkapak dan Teras Baru

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Tim dari Desa Teras Nawang dengan Perahu Uyau I'ot (berbaju oranye) saat merayakan kemenangan perlombaan balap dayung kelas.50 orang di Festival Sungai Kayan, Kamis (29/9/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Festival Sungai Kayan memasuki babak final, Kamis (29/9/2022).

Di babak final ini terdapat perlombaan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, yakni lomba balap perahu dayung untuk kelas 50 orang.

Pasalnya sudah cukup lama perlombaan balap dayung untuk kelas 50 orang kembali diadakan.

Baca juga: HUT ke-62 Kabupaten Bulungan, Puluhan Tim Ikuti Lomba Perahu Dayung di Festival Sungai Kayan

Terdapat lima tim yang berlaga di kelas ini, yakni tim dari Desa Teras Nawang, Desa Jelarai Selor, Desa Long Bang, Desa Tengkapak dan Teras Baru.

Perlombaan yang berjalan cukup sengit ini pun dimenangkan oleh tim dari Desa Teras Nawang dengan perahu Uyau I'ot.

Para pendayung yang kompak berbaju oranye ini merayakan kemenangan di Pelabuhan VIP, Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara dengan bernyanyi dan meneriakan yel-yel.

Baca juga: Tim Anek Benua Juara 1 Lomba Perahu Dayung di Festival Sungai Kayan, Tim Klewor Posisi ke 2

Menurut Manager Tim Perahu Uyau I'ot, Albert Andarias, perahu Uyau I'ot adalah perahu legendaris dalam perlombaan perahu dayung.

Andarias mengklaim perahu Uyau I'ot yang kini memasuki usia lebih dari tiga dekade ini tak pernah kalah dalam perlombaan balap perahu dayung.

"Itu kelas 50 orang dan memang dari dulu perahu itu ikut lomba. Tadi yang memimpin itu paling senior Jon Alim dia usianya sudah 50 tahun, dia sudah tiga kali pimpin Uyau I'ot dan juara terus," kata Albert Andarias.

Tim dari Desa Teras Nawang dengan Perahu Uyau I'ot (berbaju oranye) saat merayakan kemenangan perlombaan balap dayung kelas.50 orang di Festival Sungai Kayan, Kamis (29/9/2022).
Tim dari Desa Teras Nawang dengan Perahu Uyau I'ot (berbaju oranye) saat merayakan kemenangan perlombaan balap dayung kelas.50 orang di Festival Sungai Kayan, Kamis (29/9/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

Albert Andarias mengatakan, tidak ada latihan khusus bagi para pendayung perahu yang berlaga di Festival Sungai Kayan. Ia berujar kunci dapat mempertahankan gelar juara adalah memastikan kekompakan tim.

"Kalau latihan tidak ada latihan, untuk perahu Uyau I'ot tidak ada latihan," ujarnya.

Baca juga: Bulungan Diguyur Hujan Deras, Final Balap Ketinting dan Perahu Dayung Festival Sungai Kayan Ditunda

"Kuncinya pertahankan juara itu kekompakan kebersamaan dan semangat, itu saja," sambungnya.

Dirinya berharap, tim perahu Uyau I'ot dapat diikutsertakan dalam kejuaraan balap dayung di tingkat yang lebih tinggi. Sepertinya halnya tingkat nasional.

"Kalau bisa ada event di luar kita diikutsertakan, karena memang perahu ini tak terkalahkan lah perahu ini," harapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved