Berita Tarakan Terkini

Pedagang Buah Musiman Bakal Direlokasi ke Kampung Empat, Ini Alasan Walikota Tarakan

Sejumlah pedagang buah dan pedagang musiman yang berada di pinggir jalan protokol bakal direlokasi ke wilayah Kelurahan Kampung Empat, Kota Tarakan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Lokasi Taman Bertuah yang sedang dilakukan perbaikan. Rencananya tak jauh dari wilayah ini akan menjadi lokasi relokasi sentra pasar buahnya Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM,TARAKAN - Sejumlah pedagang buah dan pedagang musiman yang berada di pinggir jalan protokol bakal direlokasi ke wilayah Kelurahan Kampung Empat, Tarakan, Kalimantan Utara.

Rencana relokasi ini dilakukan dalam rangka menata kota agar lebih baik.

Relokasi ini sebagai solusi dengan adanya perda larangan berjualan dibahu jalan, termasuk juga menyasar pedagang buah musiman yang kerap muncil setiap kali panen buah tiba.

“Solusi itu dalam rangka menata kota, tapi mereka bisa pilih dulu. Semua ini program kita di 2019. Cuma keburu Covid-19 itu, jadi terkendala.

Dulu kan rencana pedagang buah musiman direlokasi. Harapannya orang bisa makan buah di situ. Bahkan dulu kita mau buat jogging track,” ujar Waliikota Tarakan, dr Khairul, M.Kes.

Baca juga: Lahan dan Masterplan Sudah Disusun, Relokasi 200 KK Terdampak Pengembangan KIPI Masih Berproses  

Selain relokasi pedagang buah, juga khususnya bangayaou yang ada di Jalan Gajah Mada juga ikut ditata.

“Jadi pindah ke belakang. Dulu dikritisi di pinggir jalan, sekarang mereka bisa buka pagi sampai malam karena masuk agak ke dalam dengan New Bangayou masih lahan pemkot juga,” ujarnya.

Baca juga: Relokasi Warga Terdampak Pembangunan Kawasan Industri, Investor Dapat Peringatan Pemkab Bulungan

Adapun lokasinya saat ini hanya tinggal pemasangan PJU dan masih akan direvitalisasi.

Masih menyoal pedagang buah musiman, rencananya dilakukan akan dipindah ke wilayah dekat Keramat Jalan Sei Sesayap dan masuk dalam kawasan Taman Bertuah yang saat ini tengah dilakukan perbaikan.

“Dulu rencana kita pasar buah itu mau dipindah di wilayah dekat Keramat. Karena di mana-mana itu berhambur. Jadi mau dipindah ke sana semua. Supaya gak berhambur di jalan. Tapi perlahan dibenahi,” lanjutnya.

h

Lokasi Taman Bertuah yang sedang dilakukan perbaikan. Rencananya tak jauh dari wilayah ini akan menjadi lokasi relokasi sentra pasar buahnya Kota Tarakan.
Lokasi Taman Bertuah yang sedang dilakukan perbaikan. Rencananya tak jauh dari wilayah ini akan menjadi lokasi relokasi sentra pasar buahnya Kota Tarakan. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Dengan ditata, maka akan lebih mudah diatur khususnya dalam hal retribusi membayar biaya kebersihan misalnya. Karena tentu harus ada yang membersihkan dan menjaga rombong.

Baca juga: Lahan Relokasi Desa Kampung Baru Diperluas 50 Hektare, Bupati Syarwani Bicarakan Dulu dengan Warga

“Jangan sampai barang-barang mereka hilang. Kita mau kota ini tertata dan itu sudah kita lakukan. Pelan-pelan tata pedagang. Jadi kalau mau makan buah bisa tahu tujuannya ke mana.

Seperti di Tanjung, ada sentra orang berjualan buah dan bisa didatangi dan tidak lagi jualan trotoar berhambur tidak karuan,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved