Berita Tarakan Terkini

Belum Bisa Evaluasi Untung Rugi, Agen Berharap Kenaikan Harga Tiket Rp 300 Ribu Rute Tarakan-Nunukan

Belum bisa evaluasi untung rugi, agen harapkan ada kenaikan tiket Rp 300 ribu rute Tarakan-Nunukan, sebanding dengan dampak kenaikan 30 persen BBM.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Aktivitas penjualan tiket speedboat di Pelabuhan Tengkayu Satu Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Memasuki hari terakhir di September 2022 pasca diterapkannya kenaikan harga tiket, pihak agen penjualan tiket belum bisa menghitung perbandingan untung dan kerugian.

Perbandingan berapa keuntungan dan kerugian menurutnya harus dihitung satu bulan dan dibandingkan di bulan sebelumnya, sebelum terjadinya kenaikan harga BBM subsidi dan non subsidi.

Ini diakui Riko, salah seorang agen penjualan tiket dari PT Mansapa yang berlokasi di terminal penjualan tiket Pelabuhan Tengkayu Satu Kota Tarakan.

Ia mengakui, untuk evaluasi, nanti selesai September baru bida dibandingkan dengan pengeluaran yang dilakukan di bulan Agustus 2022.

Baca juga: Empat Speedboat Reguler Rute Tarakan-Malinau  Siap Berangkat Siang Ini, Cek Jadwalnya

“Kemudian nanti kami kalkukasikan. Jika misalnya dalam satu bulan ternyata dengan harga Rp 280 ribu dengan jumlah penumpang sama, ternyata penghasilannya jauh lebih rendah dari sekarang, harapan kami bisa naikkan lagi harga tiketnya,” ujarnya.

Menyoal harga yang dikeluarkan pemerintah dengan kenaikan BBM 30 persen, ia berharap setidaknya kenaikan harga tiket bisa juga sampai 30 persen.

Saat ini tarif tiket speedboat rute Tarakan-Nunukan sesuai hasil penyesuaian berdasarkan Pergub Nomor 1 Tahun 2015 berlaku saat ini Rp 280 ribu sekali keberangkatan.

Tarif sebelumnya, sebelum kenaikan BBM hanya di kisaran Rp 255 ribu. Itu untuk rute Nunukan dengan jarak tempuh sekitar 67 mil. Artinya kenaikan diperkirakan hanya 25 persen.

“Tapi namanya pelayanan jasa, apa ditentukan pemerintah kita ikuti saja. Kenaikan ini dari agen, masih berharap ada naik lagi. Meski sudah dibicarakan Gapasdap. Kalau kami menjalani aturan,” ujarnya.

Hanya saja lanjutnya, jika dihargai Rp 300 ribu rute Tarakan-Sembakung misalnya, bisa dinilai sebanding dengan dampak kenaikan 30 persen BBM saat ini sudah diterapkan.

Ia melanjutkan selama ini, ia memberangkatkan 59 orang sesuai kapasitas 60 kursi tersedia.

Biasanya hanya di angka 20 orang. Namun dengan kondisi kenaikan harga tiket, tak menutup kemungkinan penumpang bisa berkurang.

Ia mengakui, ada beberapa penumpang di awal berlakukan sempat kaget.

Apalagi hari pertama.

Baca juga: Jadwal Keberangkatan 7 Speedboat Reguler Hari Ini, Jumat 30 September 2022, Rute Nunukan-Tarakan

“Karena mendadak kemarin awal itu, dan kita juga bingung menjelaskan tapi mau tak mau mereka beli karena butuh dan kami sampaikan itu aturan pemerintah,” ujarnya.

Ia mengakui sempat dua hari harga BBM di awal pasca diberlakukan harga baru, ia masih menerapkan harga lama di angka Rp 255 ribu. Alasannya belum dinaikkan karena belum keluar instruksi dari Dishub Provinsi Kaltara.

“Dua hari sudah diumumkan baru diterapkan harga baru. Tidak berani juga diterapkan harga baru karena waktu itu belum ada edaran dari provinsi,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved