INSIDEN MAUT DI STADION KANJURUHAN

Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Ini Pernyataan Resmi Presiden FIFA Gianni Infantino

Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan keterangan resmi mengenai tragedi Stadion Kanjuruhan yang tercatat memakan korban hingga 180 nyawa.

fifa.com
Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan keterangan resmi mengenai tragedi Stadion Kanjuruhan yang tercatat memakan korban hingga sekitar 180 nyawa. 

TRIBUNKALTARA.COM - Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan keterangan resmi mengenai tragedi Stadion Kanjuruhan yang tercatat memakan korban hingga 180 nyawa (data sementara).

Dikutip TribunKaltara.com dari laman resmi FIFA, Gianni Infantino menyampaikan rasa kaget atas insiden di Stadion Kanjuruhan usai pertandingan Arema vs Persebaya di Liga 1, Sabtu (1/10/2022).

“Dunia sepak bola sedang shock menyusul insiden tragis yang terjadi di Indonesia pada akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

Menurut Gianni Infantino, tragedi ini membuat dunia sepak bola menjadi suram.

“Ini adalah hari yang gelap. untuk semua yang terlibat dalam sepak bola dan tragedi di luar pemahaman.

"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini," terangnya.

Suporter Arema FC, Aremania turun ke stadion usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. SURYA/PURWANTO
Suporter Arema FC, Aremania turun ke stadion usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. SURYA/PURWANTO (SURYA/PURWANTO)

Baca juga: Duka Erina Gudono atas Tragedi Kanjuruhan, Kekasih Kaesang Pangarep: Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun

"FIFA dan komunitas sepak bola global, menaruh perhatian serta mengirim doa kami bersama para korban, mereka yang terluka, bersama dengan rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Asosiasi Sepak Bola Indonesia, dan Sepak Bola Indonesia. Liga, pada saat yang sulit ini.”

Surati PSSI

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Yunus Nusi menyebut pihaknya yakin Liga 1 Indonesia tidak akan langsung di hukum berat oleh FIFA.

Yunus mengaku, pihaknya memang sudah dikirimi surat oleh induk sepakbola dunia itu atas buntut kekalahan tuan rumah Arema FC dari Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022) malam.

"FIFA tidak secepat itu mengambil keputusan yang merugikan federasi dan pasti akan ada kajian. PSSI juga akan menyampaikan laporan setiap hari, karena FIFA meminta itu ke federasi," kata Yunus dalam konferensi pers di Stadion Madya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2022)

Meski begitu, Yunus tak menjelaskan secara detail perihal isi surat yang dikirimkan oleh FIFA tersebut.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya saat ini hanya diminta untuk terus melaporkan perkembangan atas peristiwa kericuhan itu.

"Kami akan terus membangun komunikasi dengan FIFA, agar PSSI dan Indonesia tidak terdampak dari sanksi dan lain hal," kata dia.

Lanjut Yunus, supaya Indonesia terhindar dari sanksi, pihaknya tidak menutup kemungkinan mengajak FIFA untuk berkunjung ke Indonesia.

Hal itu ditujukan, agar FIFA bisa melihat secara langsung keadaan di lokasi pasca peristiwa tersebut.

"Oleh karena itu maka kami semua tahu bahwa FIFA dan AFC tidak akan mengambik keputusan secara terburu-buru," sebutnya

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sudah Dihubungi FIFA Soal Kerusuhan Di Stadion Kanjuruhan, Ini Kata Sekjen PSSI, https://www.tribunnews.com/superskor/2022/10/02/sudah-dihubungi-fifa-soal-kerusuhan-di-stadion-kanjuruhan-ini-kata-sekjen-pssi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved