UMKM Kaltara

UMKM Kaltara, Kisah Perjuangan Irma Sandiyani Pasarkan Produk Beras Merah Tenguyun Khas Bulungan

Produk beras merah khas Bulungan kini siap bersaing di pasaran dengan hadirnya Beras Merah Tenguyun yang meramaikan pasar Kaltara

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Hajrah
Tangkapan Layar YouTube Tribun Kaltara Official
Owner Beras Merah Tenguyun saat berbincang dengan Manager Editorial Online TribunKaltara.com Sumarsono dalam program Rumah UMKM Tribun Kaltara (Tangkapan Layar Youtube/TRIBUNKALTARA.COM) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Bagi pelaku UMKM Kaltara, membuka usaha sendiri bukanlah pekerjaan yang mudah.

Apalagi bagi pelaku UMKM Kaltara dalam menghasilkan produk yang bernilai jual dan tak kalah bersaing dengan usaha serupa di kelasnya.

Hal inilah yang dirasakan oleh Irma Sandiyani. Pemilik atau Owner dari Beras Merah Tenguyun ini mengungkapkan suka dukanya merintis usaha.

Irma Sandiyani memutuskan untuk menekuni bisnis di bidang pangan pokok dengan produk beras merah yang diklaim mengusung cita rasa khas Kabupaten Bulungan.

Menurut Irma Sandiyani, dirinya sempat vakum memproduksi dan berjualan beras merah asli Bulungan, Kaltara, karena rumitnya proses perizinan kala itu.

"Waktu itu sempat berhenti karena proses perizinannya cukup sulit," kata Irma Sandiyani saat berbincang dalam Rumah UMKM TribunKaltara.com.

Tak hanya perizinan, proses produksi beras merah juga mendapat rintangan.

Tantangan lain di usaha ini, menurut Irma Sandiyani lantaran belum banyak petani dan penggilingan beras khusus untuk beras merah di Bulungan, Kaltara.

"Dari produksi memang ada kendala, termasuk penggilingan yang kita belum ada, jadi cost-nya bisa lebih mahal dan proses produksi tambah panjang," ucapnya.

Meski begitu, dirinya tak pantang menyerah. Kerja kerasnya kini mulai membuahkan hasil.

Saat ini produk Beras Merah Tenguyun sudah dapat dibeli di toko dan swalayan yang ada di Tanjung Selor.

Baca juga: UMKM Kaltara, Dukung Inovasi Sirup Pelado Derry Andriant, Desa Tideng Pale Dukung Hingga Anggaran

Irma memastikan, kualitas produk beras merah asal Bulungan tak kalah dengan produk dari luar Kaltara. Lantaran produknya adalah produk organik yang bebas akan pestisida.

"Selama ini kendalanya dari harga, tapi kalau secara kualitas kita tidak kalah kok, apalagi ini kan hasil dari petani lokal kita," ujarnya.

"Dan kita tidak ingin ada pestisida, jadi pakai pupuk organik seperti kompos," sambungnya.

Baca juga: UMKM Kaltara, Jamune Mbak Yola Cuan di Masa Pandemi, Olah Rimpang jadi Minuman Herbal Menyehatakan

beras merah umkm kaltara 10222
Produk beras merah Tenguyun khas Bulungan. (Tangkapan Layar YouTube Tribun Kaltara Official)

Dirinya pun berharap ke depan, produk Beras Merah Tenguyun itu dapat menjadi kebanggaan masyarakat Bulungan dan juga Kaltara. "Ke depan fokus kita di Pasar Kaltara dulu, jadi kita bangga dengan produk-produk Kaltara," katanya.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved