Berita Daerah Terkini

Akibat Longsor, Tiga Rumah Ambruk di Graha Indah Balikpapan, Korban Alami Luka di Kepala

Salah satu pemilik rumah yang tertimpa longsor, yakni Asmar menuturkan, sebenarnya sejak bulan lalu, pergerakan tanah secara perlahan sudah ada

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO.ID/ DWI ARDIANTO
ta upayakan," pungkasnya. Kondisi bangunan yang ambles akibat terdampak longsor di Jalan Sangga Buana RT 52, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, Balikpapan, Senin (3/10/2022) 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN – Longsor terjadi di Jalan Sangga Buana RT 52, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (3/10/2022) dini hari.

Akibat kejadian ini tiga rumah ambruk dan penghuni rumah alami luka-luka.

Peristiwa tanah longsor ini terjadi pukul 04.00 Wita dan penghuni rumah masih terlelap tidur. 

Baca juga: Longsor Krayan Selatan, Distribusi Sembako dari Malinau Usai Hari ini: Total Bantuan 5,6 Ton Lebih

Salah satu pemilik rumah yang tertimpa longsor, yakni Asmar menuturkan, sebenarnya sejak bulan lalu, pergerakan tanah secara perlahan sudah ada. 

Dengan adanya pergerakan tahan secara perlahan ini, rumah yang berada di tebing jalan tepi jalan mengalami keretakan. 

"Sedikit demi sedikit longsornya sudah satu bulan lalu. Rebah rumah pas 03.30 Wita tadi malam. Itu rumah saya," tuturnya menunjuk sisa bangunan rumahnya yang runtuh, Senin (3/10/2022) siang.

Baca juga: Bencana Banjir Bandang dan Longsor di Krayan Nunukan, Pertamina EP Tarakan Salurkan Bantuan

Asmar mengaku, dirinya pun alami luka di bagian kepala dan tangan, dikarenakan pada saat kejadian Asmar mencoba menyelamatkan barang berharga.

"Saya luka di bagian tangan dan kepala sebelum rebah saya selamatkan barang saya, tiba-tiba tembok jatuh ke lantai hingga jebol dan tertimpa ke lantai bawah," jelasnya.

Asmar, salah satu pemilik rumah di Balikpapanyang ambruk akibat longsor dan alami luka.
Asmar, salah satu pemilik rumah di Balikpapanyang ambruk akibat longsor dan alami luka. (TRIBUNKALTIM.CO.ID/ DWI ARDIANTO)

Pada saat di lantai satu rumah, tiba-tiba tembok beton roboh hingga menjebol papan lantai dan menimpa kepala Asmar.Beruntung pada saat kejadian, ayah 5 anak ini dapat menyelamatkan diri.

Dia mengetahui bahwa rumahnya akan longsor sehingga jauh-jauh hari anak dan istrinya diungsikan ke rumah keluarga.

Baca juga: Jalan Penghubung Longsor di Krayan Kaltara Putus, PLN Pastikan Listrik di Perbatasan Masih Menyala

"Jadi memang kondisinya udah miring, keluarga udah diungsikan sebelumnya. Tapi longsornya kan gak tahu ini aja tiba-tiba rebah," paparnya.

Camat Balikpapan Utara Muhammad Idris beserta perangkat Kecamatan dan Kelurahan Graha Indah langsung melakukan peninjauan lokasi longsor.

Idris memaparkan pihaknya jauh-jauh hari sudah mengetahui adanya pergerakan tanah di rumah milik Asmar.

"Sebenarnya sudah lama pergerakannya terpantau dan sudah diusulkan untuk dipindahkan dan kami berikan bantuan sewa rumah agar pak Asmar bisa ditempat lebih aman. Karena masih proses tiba-tiba ada pergerakan lebih cepat dari dugaan sehingga rumahnya runtuh," paparnya saat di lokasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved