Berita Tarakan Terkini

Dukung Tukar Guling Lahan SDN 009 Tarakan, Ceppy Triono Benarkan Bawa Usulan Pemkot ke Kemhub

Dikatakan Plt Kepala UPBU Bandara Juwata Tarakan, Ceppy Triono, pihaknya sudah diundang oleh Pemkot Tarakan dalam rangka membahas proses tukar guling

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Lokasi SDN 009 Kelurahan Karang Anyar saat ini dihentikan sementara pengerjaannya dan menunggu kejelasan tukar guling dan atau saling hibah lahan dari bandara ke Pemkot Tarakan dan sebaliknya. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Pemerintah Kota Tarakan mengusulkan adanya tukar guling lahan sebagai solusi atas kepemilikan sebagian lahan di SDN 009 Tarakan oleh pihak Bandara Juwata Tarakan.

Usulan itu juga disambut baik pihak UPBU Juwata Tarakan. Dikatakan Plt Kepala UPBU Bandara Juwata Tarakan, Ceppy Triono, pihaknya sudah diundang oleh Pemkot Tarakan dalam rangka membahas proses tukar guling lahan.

Meski demikian diakui Ceppy, pihaknya harus meninjau lokasi lahan yang akan dihibahkan sebagai tukar guling dari Pemkot Tarakan atas lahan yang diminta Pemkot Tarakan di SDN 009 Kelurahan Karang Anyar.

Baca juga: Tunggu Proses Tukar Guling Aset Kelar, Pembangunan SDN 009 Tarakan Disetop Sementara

“BPN bersama kami dan Pemkot melakukan pengukuran langsung. Berapa lahan yang dimiliki Pemkot dan lahan kami dari Kementerian Perhubungan. Hasil rapat itu saya akan coba bawa ke Kementerian untuk memberikan opsi-opsi. Tapi memang jangka waktunya ini sudah mepet dengan jangka waktu pembangunan,” beber Ceppy.

Ia menjelaskan, pengerjaan lahan bandara sudah dimulai namun memang dibutuhkan pengesahan apalagi menyoal perutukan dan mekanismenya.

“Apakah nanti tukar guling atau saling hibah, nanti ada kebijakan dari pusat. Tapi kami sudah terus mendorong ini,” beber Ceppy.

Baca juga: Usul Tukar Guling Lahan SDN 009, Wali Kota Tarakan dr Khairul Sebut Pengajuan Berproses di Kemenhub

Artinya lanjut Ceppy, pihaknya akan mengajukan usulan ke Kemenhub mengingat UPBU Bandara Juwata Tarakan berada di bawah naungan Kemenhub RI.

Ia menambahkan, untuk hasil perhitungan luasan lahan, dibuatkan berita acara rapat yang kemudian dibawa ke Kementerian untuk mendapatkan arahan dari pusat.

Ceppy Triyono, Plt Kepala UPBU Bandara Juwata Kota Tarakan.
Ceppy Triyono, Plt Kepala UPBU Bandara Juwata Kota Tarakan. (TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI HUMAS UPBU BANDARA JUWATA TARAKAN)

“Namun pada prinsipnya biasanya jika lahan digunakan untuk pendidikan atau sosial, mendapat dukungan dari Bandara. Biasanya kami support kalau tentang pendidikan atau sosial. Tapi ini berkaitan dengan administrasi aset dan keuangan yang selama ini menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Baca juga: Pembangunan Gedung SDN 009 Karang Anyar Masih Terkendala Izin Kemenhub, Pemkot Tarakan Lagi Upayakan

Ia membenarkan luasan lahan milik bandara yang di atasnya berdiri SDN 009 saat ini 1.600 meter persegi berdasarkan pengukuran yang dilakukan pihak ATR/BPN Kantor Pertahanan Kota Tarakan.

 

 

 

 

 

 

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved