Pusat Pemerintahan Tana Tidung

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pusat Pemerintahan, Bupati Ibrahim Ali: Kebanggaan Tana Tidung

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong bersama anggota DPD RI Dapil Kalimantan Utara, Fernando Sinaga dan Hasan Basri.

Penulis: Risnawati | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/RISNAWATI
Peresmian groundbreaking pusat pemerintah Kabupaten Tana Tidung di titik nol pusat pemerintahan, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Senin (10/10/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANA TIDUNG - Pemerintah Kabupaten Tana Tidung sukses melaksanakan peletakan batu pertama pusat pemerintahan hari ini, Senin (10/10/2022)

Dalam pelaksanaan tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong bersama anggota DPD RI Dapil Kalimantan Utara, Fernando Sinaga dan Hasan Basri.

Dalam sambutannya, Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengatakan, peletakan batu pertama ini sebuah kebanggan bagi Kabupaten Tana Tidung.

Baca juga: BREAKING NEWS Peletakan Batu Pertama Pusat Pemerintahan KTT Hari ini, Wamen LHK Menuju Tana Tidung

Dia menyampaikan, Kabupaten Tana Tidung memiliki kekayaan potensi daya alam yang strategis dalam pengembangan wilayah berkelanjutan.

Kabupaten Tana Tidung juga, kata dia, merupakan kawasan yang patut diperhitungkan dalam mendukung progresivitas percepatan pembangunan berkelanjutan Kalimantan Utara.

"Apalagi melihat potensi dari pemindahan IKN ke Kalimantan Timur, tentu turut berdampak pada terciptanya akselerasi pembangunan di sekitarnya.

Baca juga: Besok Wakil Menteri LHK Datang, Lakukan Peletakan Batu Pertama Pusat Pemerintahan Tana Tidung

Termasuk Kaltara dan daerah naungannya, termasuk juga Kabupaten Tana Tidung," ujar Ibrahim dalam sambutannya.

Lebih lanjut dia sampaikan, besarnya potensi sumber daya alam di Kabupaten Tana Tidung tidak berbanding lurus dengan ketersediaan aset lahan milik pemerintah.

Dia menambahkan, sejak berdirinya Kabupaten Tana Tidung, wilayah termuda di Kaltara itu tidak memiliki aset tanah dan bangunan, sebagai wujud pembangunan wilayah.

Peletakan batu pertama pusat pemerintahan KTT 02 10102022
Peresmian groundbreaking pusat pemerintah Kabupaten Tana Tidung di titik nol pusat pemerintahan, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Senin (10/10/2022).

Bahkan, dominasi lahan tersebut merupakan kawasan hutan yang dikelolah perusahaan.

"Untuk pembangunan wilayah kita ini, kita masih menyewa lahan dengan pengelola kehutanan, terutama fasilitas umum dan infrastruktur.

Baca juga: Wakil Menteri LHK, Bakal Hadiri Peletakan Batu Pertama Pusat Pemerintahan Tana Tidung Oktober Ini

Makanya, pengelolaan sumber daya alam pun tidak dapat berjalan maksimal. Sehingga berdampak pada mahalnya bahan pokol di sini," katanya.

Sementara itu dia sampaikan, besarnya dominasi hak guna usaha perkebunan dan pemanfaatan hutan tanaman industri oleh perusahaan juga, menjadi sebab sulitnya melakukan pengembangan wilayah di Kabupaten Tana Tidung.

Meski demikian, pemerintah Kabupaten Tana Tidung tak gentar demi kemajuan Kabupaten Tana Tidung.

Baca juga: Oktober 2022, Pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tana Tidung Dimulai, Bupati Ibrahim: Berkah

"Dengan melakukan berbagai diskusi dan silaturahmi kepada para pejabat baik di pemerintah Kaltara hingga pemerintah pusat, akhirnya hari ini Kabupaten Tana Tidung memiliki aset lahan sendiri seluas 405 ha," pungkasnya.

 

 

 

 

(*)

Penulis: Risnawati

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved