Mata Lokal Memilih

Update Survei Capres: Elektabilitas Ganjar dan Anies Naik, Prabowo Turun, RK Disukai Pemilih Desa

Hasil survei Litbang Kompas, tingkat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sama-sama naik.

Editor: Sumarsono
Kolase TribunKaltara.com / Tribunnews
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. (Kolase TribunKaltara.com / Tribunnews) 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Update hasil survei Pilpres 2024 masih didominasi tiga nama tokoh yang berpeluang akan bersaing menjadi calon presiden atau Capres 2024 mendatang.

Tiga tokoh yang berhasil menarik simpati masyarakat calon pemilih dari hasil survei Litbang Kompas terbaru, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Menariknya dari hasil survei Litbang Kompas yang dirilis Rabu (26/10/2022) kemarin, tingkat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sama-sama naik.

Sementara, tingkat keterpilihan ( elektabilitas ) Ketua Umum Partai Gerindra justru menurun.

Meningkatnya elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan didongkrak oleh pemilih perkotaan dan pemilih desa.

Berbeda dengan Prabowo Subianto yang justru kehilangan suara cukup besar di pemilih perkotaan dan perdesaan.

Baca juga: Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Maju Capres 2024, PDIP Bereaksi, Segera Panggil dan Singgung Sanksi

Selain tiga tokoh yang memang selalu mendominasi di setiap survei Capres 2024, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK kali ini menarik perhatian bagi pemilih perdesaan.

Sosok Ridwan Kamil sepertinya disukai pemilih desa.

Hasil survei Litbang Kompas, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 23,2 persen atau naik dari survei periode Juni 2022 sebesar 22 persen.

Meski turun, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih berada di urutan kedua dengan capaian 17,6 persen, merosot jauh dibanding survei sebelumnya sebesar 25,3 persen.

Sedangkan urutan ketiga, mantan Gubernur DKI Jakarta yang sudah dideklarasikan sebagai bakal Capres 2024 dari Partai Nasdem, Anies Baswedan dengan elektabilitas 16,5 persen.

Elektabilitas Anies Baswedan naik dari 12,6 persen pada survei sebelumnya.

Baca juga: Simulasi Pilpres 2024. Anies-AHY vs Ganjar-Airlangga Bersaing, Ganjar Pranowo Unggul di Capres

Di posisi di bawahnya, Ridwan Kamil yang melonjak drastis dengan tingkat keterpilihan 8,5 persen, survei sebelumnya, RK hanya meraih 3 persen.

Tingkat keterpilihan tokoh-tokoh lainnya yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (2,5 persen), Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (2,3 persen).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved