Breaking News:

Tarakan Memilih

Struktur Divisi di Bawaslu Tarakan Berubah, 12 Orang Panwascam Dilantik Pekan Lalu

Dian Antarja,salah satu anggota Bawaslu Tarakan sebut dengan adanya Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2022, artinya secara otomatis struktur organisasi berubah

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Tarakan, Dian Antarja (kanan), bersama Rahmat Nur, Koordinator Sekretariat Kantor Bawaslu Kota Tarakan saat menggelar rilis pers sekaligus media gathering, Jumat (11/11/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Terjadi perubahan struktur divisi di Bawaslu Tarakan pasca diturunkannya Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2022.

Dikatakan Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Tarakan, Dian Antarja, sebelumnya untuk jabatan Ketua Bawaslu Tarakan, Muhammad Zulfauzi, juga memegang tanggung jawab di Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, dengan lahir Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2022, maka mewajibkan Ketua Bawaslu harus memegang atau mengkoordinir SDM dan Organisasi dan Data dan Informasi.

“Karena Ketua Bawaslu Tarakan saat ini memegang jabatan SDM, maka posisi divisi yang dijabat ketua sebelumnya dipindah ke Pak Jufri, sebaga Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa dari sebelumnya Pak Jufri menjabat sebagai Kordiv SDM, Organisasi dan Data dan Informasi,” jelas Dian Antarja kepada awak media dalam kegiatan Rilis Pers sekaligus sosialisasi Aplikasi JDIH di Kantor Bawaslu Tarakan, Jumat (11/11/2022) siang tadi.

Baca juga: Bawaslu Tarakan Mulai Rekrut Anggota Panwaslu Kecamatan, Berikut Jadwal Pendaftarannya

Dian Antarja mengatakan,  dirinyadi Bawaslu Tarakan saat ini sudah resmi menjabat sebagai Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, dari sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tarakan. Dan untuk Divisi Pengawasan dihilangkan.

“Karena sekarang pengawasan tidak dibebankan pada satu divisi satu komisioner melainkan kepada tiga komisioner. Karena berdasarkan Peraturan Perundang-undangan Nomor 7, divisi tidak dicantumkan dan hanya dicantumkan Anggota Bawaslu diberikan kewenangan melakukan tugas dan pengawasan,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk anggota Bawaslu sebanyak lima orang, maka Divisi Hukum berpisah dari Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas.

Baca juga: Ajukan Anggaran Rp 6 Miliar, Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Tarakan Fokus Bentuk Sentra Gakkumdu

Bawaslu Tarakan sudah melakukan rekrutmen Panwascam Tarakan dan sudah dilantik sebanyak 12 orang. Dalam proses rekrutmen, terdapat 75 orang mendaftar sebagai calon panwascam dan dilakukan seleksi administrasi dan pemberkasan selanjutnya dilakukan seleksi tulis secara online.

“Sudah dilaksanakan di STIMIK PPKAIA. Dan dari seleksi tertulis online diambil enam besar tiap kecamatan. Kami sampaikan tidak menentukan enam besarnya. Yang menentukan dari Bawaslu RI karena sistem online ttersentral dari RI diturunkan ke Provinsi lalu ke Kota Tarakan. Kami hanya menerima enam besar setiap kecamatan,” jelasnya.

Bawaslu Tarakan 01 11112022
Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Tarakan, Dian Antarja (kanan), bersama Rahmat Nur, Koordinator Sekretariat Kantor Bawaslu Kota Tarakan saat menggelar rilis pers sekaligus media gathering, Jumat (11/11/2022).

Kemudian lanjutnya, enam besar di tiap kecamatan, diseleksi kembali mencari tiga besar dan sudah diselesaikan tiga besar dan semua sudah dilantik sebanyak 12 orang pegawasan kecamatan pada Jumat (28/10/2022).

Nantinya, akan berkoordinasi dengan kecamatan dan ada tiga PNS nanti di kecamatan akan bertugas sebagai Koordinator Sekretariat di kecamatan dan staf sekretariat.

Baca juga: Pastikan Distribusi Lancar, Ketua Bawaslu Tarakan Zulfauzi Hasly : Jangan Sampai Logistik Tertukar

“Kemarin sudah instruksikan mereka panwascam, membentuk staf dan menyusun kesekretariatan dan kemarin sudah selesai laksanakan bimtek menghadapi tahapan Pemilu 2024,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved