Berita Malinau Terkini

Sasar 3 Wilayah di Malinau Selatan, Potensi Pendapatan Daerah Ditaksir Capai Rp 1,5 Miliar

Pertimbangkan untuk membuka outlet, sasar 3 wilayah di Kecamatan Malinau Selatan, potensi pendapatan daerah ditaksir capai Rp 1,5 miliar.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Aktivitas pengguna jalan, kendaraan di jalan penghubung Malinau Selatan dan wilayah sekitarnya, di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lali. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Potensi penerimaan pajak untuk 3 wilayah di Kecamatan Malinau Selatan, Malinau, Kalimantan Utara ditaksir mencapai milyaran rupiah setiap tahun.

Khusus pajak kendaraan bermotor atau PKB, tunggakan pajak di 3 wilayah yakni Malinau Selatan, Malinau Selatan Hilir dan Malinau Selatan Hulu mencapai Rp 1,5 miliar.

Kepala UPTD Malinau Bapenda Kalimantan Utara, Aan Hartono menerangkan, potensi pendapatan daerah di wilayah Malinau Selatan cukup menjanjikan.

Hasil Analisa UPTD Bapenda Kaltara, potensi pajak kendaraan bermotor di wilayah ini mencapai Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Diupayakan Berlanjut, Peningkatan Akses ke Permukiman di Malinau Tergantung Kemampuan Anggaran

"Dari aspek potensi PKB, 3 wilayah yakni Malinau Selatan, Malinau Selatan Hilir dan Malinau Selatan Hulu berkisar Rp 1,5 miliar per tahun," ungkapnya, Selasa (15/11/2022).

Pundi pendapatan tersebut belum terserap maksimal dikarenakan sejumlah faktor, yakni jarak dan jangkauan ke wilayah perkotaan.

Aan Hartono menerangkan Bapenda akan mempertimbangkan untuk membuka outlet di wilayah Malinau Selatan.

Upaya ini diperkirakan dapat memaksimalkan pungutan pajak kendaraan di wilayah tersebut. Dengan membuka pelayanan terpusat di Desa Loreh, Malinau Selatan.

"Sudah kita usulkan untuk direview. Dengan mengadakan Payment Poin di Loreh Malinau Selatan. pungutan potensi PKB di 3 wilayah bisa dimaksimalkan," katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved