Breaking News:

Berita Nasional Terkini

IKN Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Presiden Jokowi: Olahraga Mempersatukan Dunia

Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2023 dan sebagai venue-nya menempati Ibu Kota Nusantara atau IKN.  

Editor: Sumarsono
IST/instagram/nyoman_nuarta
Desain Istana Negara di IKN baru karya Nyoman Nuarta. Presiden Jokowi menyatakan, IKN siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2035. 

TRIBUNKALTARA.COM. JAKARTAIndonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2023 dan sebagai venue-nya menempati Ibu Kota Nusantara atau IKN.  

Oleh karena itu, pembangunan fasilitas olahraga berstandar internasional di IKN bakal menjadi prioritas.

Demikian dikemukakan Pasalnya, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyampaikan, Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga terakbar di dunia,

Olimpiade 2036 mendatang. Jokowi menyatakan, IKN siap menjadi tuan rumah.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di IKN, " ujar Jokowi kepada media di Hotel Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Presiden Jokowi mengatakan, sebagai Ketua G20 tahun 2022, ia bersama para pemimpin G20 menekankan pentingnya olahraga. Selain untuk kesehatan, olahraga juga memiliki peran penting dalam mempersatukan dunia.

"Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," imbuhnya.

Baca juga: Gubernur Isran Sebut Biayai Pembangunan IKN tak Usah Repot: Cukup Setahun Realisasi Ekspor Kaltim

Lebih lanjut, Presiden memandang bahwa kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya akan menegaskan pentingnya netralitas dalam ajang olahraga internasional.

Tercatat Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya yaitu Olimpiade Paris 2024, Milano-Cortina untuk 2026 (musim dingin),

Los Angeles untuk 2028, Brisbane untuk 2032 dan Youth Olympic Games 2024 di Gangwon (musim dingin) dan Dakar di 2026.

"(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga," tandas Jokowi.

Obral Insentif untuk Investor IKN

Sementara Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menjabarkan sejumlah insentif bagi calon investor yang hendak menanamkan investasi di proyek IKN, Kalimantan Timur.

Hal itu dibicarakannya dalam gelaran acara B20 Summit Indonesia, Senin (14/11/2022), jelang diselenggarakannya KTT G20 Bali.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved