Bulungan Memilih

KPU Bulungan Siapkan Dua Rancangan Dapil, Mahdi Sebut Keputusan di KPU RI

Anggota KPU Bulungan Divisi Teknis Penyelenggaraan Mahdi E Paokuma sebut dua rancangan Dapil tidak ada yang berubah.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Anggota KPU Bulungan Divisi Teknis Penyelenggaraan Mahdi E Paokuma. 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - KPU Bulungan mengungkapkan telah menyampaikan rancangan daerah pemilihan atau Dapi di Pemilu 2024 mendatang.

Anggota KPU Bulungan Divisi Teknis Penyelenggaraan Mahdi E Paokuma mengatakan rancangan Dapil itu disampaikan dengan berdasar pada pertumbuhan penduduk di Bulungan dalam lima tahun terakhir.

Rancangan Dapil itu nantinya hanya mengatur mengenai Pileg dan alokasi kursi DPRD Bulungan di 2024 mendatang.

Baca juga: KPU Malinau Akan Umumkan Susunan Dapil 2024, Berikut Rincian Daerah Pemilihan Sebelumnya

Menurut Mahdi E Paokuma, rancangan Dapil itu telah mempertimbangkan prinsip penetapan dapil yang diatur dalam Peraturan KPU No.6/2022 tentang Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024.

"Rancangan itu sudah kita buat jauh-jauh hari dan itu tetap memperhatikan prinsip-prinsip rancangan," kata Mahdi E Paokuma, Rabu (23/11/2022).

Ia menjelaskan ada dua proposal rancangan dapil yang disampaikan ke KPU RI. Yakni rancangan yang tak mengubah komposisi kecamatan dalam dapil dan rancangan yang mengubah komposisi kecamatan.

Baca juga: KPU Kaji Susunan Dapil Anggota DPRD Malinau pada Pemilu Serentak 2024, Ini Kata Penyelenggara

"Ada dua rancangan yang akan dibuat, untuk rancangan pertama tidak ada perubahan dapil dan komposisi kecamatan, yang ada hanya perubahan alokasi kursi," kata Mahdi E Paokuma .

"Untuk rancangan yang kedua tetap tiga dapil, tapi ada perubahan dari sisi komposisi kecamatan, jadi komposisi kecamatan berubah dan alokasi kursi juga berubah," sambungnya.

Meski telah menyampaikan proposal rancangan dapil, Mahdi mengatakan masih ada tahapan sebelum nantinya rancangan itu ditetapkan.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia KPU Bulungan, Oche William (kanan) saat jumpa pers, di KPU Bulungan, Jalan Ulin No. 115, Tanjung Selor, Senin, (21/11/2022).
Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia KPU Bulungan, Oche William (kanan) saat jumpa pers, di KPU Bulungan, Jalan Ulin No. 115, Tanjung Selor, Senin, (21/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM / UTARI DWIYANI ZUHRIYAH)

Seperti halnya tahapan uji publik yang turut mengundang tokoh masyarakat, pemerintah daerah, parpol, pemantau pemilu dan Bawaslu.

Adapun penetapan dapil baru akan terlaksana di Februari 2023 lewat keputusan dari KPU RI.

Baca juga: KPU Bulungan Akan Umumkan Rancangan Penataan Dapil Baru Sesuai UU Pemilu, Catat Tanggalnya!

"Nanti akan ada pengumuman rancangan itu ke masyarakat dan tanggapan masyarakat jadi ada uji publik," kata dia.

"Penetapan dapil itu di Februari 2023, jadi dari hasil publik diserahkan ke KPU RI dan KPU RI yang punya otoritas untuk penetapan dapil," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved