Malinau Memilih

KPU Malinau Akan Umumkan Susunan Dapil 2024, Berikut Rincian Daerah Pemilihan Sebelumnya

Untuk mengetahui apakah Dapil dalam Pemilu 2024 bertambah atau tidak, dalam waktu dekat ini KPU Malinau segera mengumumkan ke masyarakat.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, Pemungutan suara Pilkada 2020 di TPS wilayah sekitar ibu kota Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Malinau akan mengumumkan rancangan Dapil Anggota DPRD Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Susunan daerah pemilihan atau Dapil pemilihan Anggota DPRD Malinau dikaji kesesuaian syarat berdasarkan 7 prinsip penyusunan Dapil berdasarkan UU Pemilu 7/2017.

Pada Pemilu 2019 lalu, Dapil anggota legislatif kabupaten terbagi menjadi dua.

Baca juga: KPU Kaji Susunan Dapil Anggota DPRD Malinau pada Pemilu Serentak 2024, Ini Kata Penyelenggara

Dapil 1 meliputi 5 wilayah kecamatan termasuk ibu kota kabupaten dan Dapil 2 terdiri mencakup 11 kecamatan.

Komisioner KPU Malinau, Indra Gunawan mengatakan nerdasarkan kajian KPU, pembagian wilayah Dapil Pemilu 2019 masih memenuhi syarat untuk diterapkan.

"Dari 7 prinsip penyusunan Dapil, ada prinsip kesinambungan. Artinya Dapil dulu tetap dipertahankan, sepanjang tidak berbenturan dengan prinsip lain.

Baca juga: KPU Bulungan Akan Umumkan Rancangan Penataan Dapil Baru Sesuai UU Pemilu, Catat Tanggalnya!

Kajian kami, Dapil Pemilu 2019 masih memenuhi syarat ditetapkan pada Pemilu 2024 nanti,"ujarnya.

Pemilihan Anggota DPRD Malinau pada Pemilu 2019 lalu terdiri dari 2 Dapil. Dengan alokasi kursi keseluruhan sebanyak 20 kursi.

Dapil 1 meliputi 5 kecamatan, yakni Kecamatan Malinau Kota, Malinau Utara, Mentarang, Mentarang Hulu, dan Sungai Tubu.

Ilustrasi pemugutan suara 01 23112022
Ilustrasi, Pemungutan suara Pilkada 2020 di TPS wilayah sekitar ibu kota Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu.

Dan Dapil 2 mencakup 10 kecamatan, yaitu Kecamatan Malinau Barat, Malinau Selatan, Malinau Selatan Hulu, Malinau Selatan Hilir, Pujungan, Sungai Boh, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Kayan Selatan dan Bahau Hulu.

KPU Malinau dijadwalkan akan mengumumkan rancangan Dapil Pemilu 2024 untuk pemilihan anggota DPRD Malinau hari ini, Rabu (23/11/2022).

Baca juga: Bakal Ada KIPI di Tanjung Palas Timur, Kursi dari Dapil I Bertambah? Ini Penjelasan KPU Bulungan

"Susunannya akan kita umumkan untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. Kalau sebelumnya, Pemilu 2019 ada 2 Dapil. Dapil 1 mencakup 5 kecamatan dan Dapil 2 ada 11 kecamatan. Ada 20 kursi, komposisinya 8 dan 12," katanya.

KPU Malinau akan mengumumkan susunan Dapil anggota DPRD Malinau Pemilu 2024 kepada publik rencananya pada hari ini, Rabu (23/11/2022).

(*)

Penulis : Mohammad Supri

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved