Berita Kaltara Terkini

Baru Dikukuhkan di Kalimantan Utara, Pakuwaja Kaltara Tegaskan Bukan Organisasi Politik

Setelah dikukuhkan di Kalimantan Utara, Ketua Umum Pakuwaja Kaltara, Saimin menegaskan paguyubannya bukan organisasi politik.

Penulis: Utari Dwiyani | Editor: Cornel Dimas Satrio
TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH
Penampilan komunitas Reog Kalimantan Utara dalam rangkaian acara Pengukuhan dan Deklarasi Pakuwaja, Sabtu (26/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar pengukuhan dan deklarasi di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Bulungan, Sabtu (26/11/2022).

Ketua Umum Pakuwaja Kaltara, Saimin menegaskan paguyubannya bukan organisasi politik.

"Pakuwaja Kaltara tidak berpolitik tapi menentukan suksesnya jalan politik, oleh karena itu kami akan melakukan hal-hal yang membantu membangun pemerintahan," kata Saimin.

Ia juga menyampaikan rasa syukur atas pengukuhan dan deklarasi Pakuwaja Kaltara.

"Saya sangat bersyukur melihat antusias warga dan panitia sehingga acara ini dapat berjalan lancar," ucapnya.

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Paliwang saat mengukuh pengurus Pakuwaja Kaltara di Lapangan Agatis, Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Sabtu (26/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH)
Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Paliwang saat mengukuh pengurus Pakuwaja Kaltara di Lapangan Agatis, Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Sabtu (26/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH) (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH)

Baca juga: Kukuhkan Pakuwaja Kaltara, Gubernur Zainal Paliwang Minta Pengurus Terlibat Aktif dalam Pembangunan

Dalam rangkaian acara pengukuhan, 500 peserta Pakuwaja se-Kaltara turut ambil bagian.

Saimin mengatakan Pakuwaja Kaltara selanjutnya akan konsolidasi ke kabupaten/kota di Kalimantan Utara.

"Langkah selanjut kita akan konsolidasi ke 5 kabupaten kota yang ada di Kaltara, kita benahi, edukasi agar semangat dan bersatu dalam membantu pembangunan Kaltara," kata Saimin.

Penampilan Tari Iluk Dangan yang dibawakan Siswa MTSN Bulungan  di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, pada pelantikan Pengurus Pakuwaja Kaltara, Sabtu ( 26/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH)
Penampilan Tari Iluk Dangan yang dibawakan Siswa MTSN Bulungan di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, pada pelantikan Pengurus Pakuwaja Kaltara, Sabtu ( 26/11/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH) (TRIBUNKALTARA.COM/UTARI DWIYANI ZUHRIYAH)

Baca juga: Tari Iluk Dangan Ramaikan Pengukuhan dan Deklarasi Pakuwaja Kaltara

Ia berharap dengan pengukuhan dan deklarasi ini dapat membantu warga Jawa yang ada di Kaltara.

"Semoga Pakuwaja dapat menjadi wadah bagi warga Jawa yang ada di Kaltara dan bersatu untuk hidup yang sejahtera," tutupnya.

Rangkaian acara pengukuhan dan deklarasi Pakuwaja Kaltara, dikemas dengan pawai budaya, kemudian dilanjutkan pengukuhan dan deklarasi pengurus, serta menampilkan berbagai hiburan, seperti campur sari, kuda lumping, dan pagelaran wayang kulit.

Penulis : Utari Dwiyani Zuhriyah

(*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltara untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltaracomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan Lupa Like Fanpage Facebook TribunKaltara.com

Follow Twitter TribunKaltara.com

Follow Instagram tribun_kaltara

TikTok officialtribunkaltara

Follow Helo YouTube Tribun Kaltara Official

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved