Berita Tarakan Terkini

Ingat Dugaan Pungli di KSOP Tarakan? Dirreskrimsus Polda Kaltara Beber Update Kasus dan Jumlah Saksi

Dirreskrimsus Polda Kaltara, Kombes Pol Hendy F Kurniawan buka suara soal update dugaan pungli di KSOP Tarakan

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Dirreskrimsus Polda Kaltara, Kombes Pol Hendy F Kurniawan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Total 50 agen kapal dipanggil dan dilakukan pendalaman oleh penyidik dari Ditreskrimsus Polda Kaltara terkait kasus dugaan gratifikasi yang melibatkan oknum pegawai di KSOP Kelas III Tarakan.

Setelah selesai memeriksa 50 agen kapal, update terkini ada beberapa pihak dari KSOP kembali dijadwalkan akan dipanggil ulang pekan ini.

“Pekan kemarin sudah dilakukan pendalaman, pemeriksaan terhadap 50 agen kapal termasuk beberapa staf di KSOP terkait mekanisme penerbitan warta kedatangan dan keberangkatan kapal,” ujar Dirreskrimsus Polda Kaltara, Kombes Pol Hendy F Kurniawan.

Selain itu lanjutnya, pendalaman dilakukan untuk menemukan hal-hal lain masih berkaitan dengan kebijakan dan mekanisme yang sesuai prosedur serta apa yang terjadi di lapangan akan disandingkan.

Pekan ini juga dikatakan Dirreskrimsus Polda Kaltara, penyidik masih akan melakukan pemanggilan ulang kepada beberapa pihak berkaitan dengan sinkronisasi materi.

Ia menjelaskan pertimbangan 50 agen kapal yang dipanggil dengan pertimbangan berdasarkan data yang dimiliki dari hasil penggeledahan maupun data pembuktian lainnya.

“Data pembuktian lainnya yang ditemukan tim di rumah IS, tersangka. Adapun 50 agen kapal ini diduga mengalami pungli semenjak IS menjabat sebagai Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut (LALA) KSOP Kelas III Tarakan.

Kurang lebih dari 2021 kemarin,” jelasnya.

Oknum pegawasi KSOP Tarakan saat dibawa keluar dari Kantor KSOP Kelas III Tarakan usai penggeledahan yang dilakukan Tim Ditreskrimsus Polda Kaltara.
Oknum pegawasi KSOP Tarakan saat dibawa keluar dari Kantor KSOP Kelas III Tarakan usai penggeledahan yang dilakukan Tim Ditreskrimsus Polda Kaltara. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Baca juga: Hendy F Kurniawan Beber Dugaan Pungli Dianggap Meresahkan, Kasi Lala KSOP Tarakan Ditahan 20 Hari

Ia melanjutkan, dari pihak KSOP yang dilakukan pemanggilan klarifikasi selain dari tiga orang pertama yang diperiksa, juga pihaknya sudah meminta keterangan kepada Kepala KSOP Kelas III Tarakan dan beberapa staf serta kepala seksi.

Untuk kepala KSOP yang diperiksa lanjutnya dilakukan pendalaman baik yang lama dan yang baru menjabat. Karena diketahui, kepala KSOP Kelas III Tarakan baru saja melakukan sertijab.

“Intinya kami akan melakukan pendalaman terkait mekanisme yang berlaku dan yang tidak dilakukan dalam penerbitan warta kedatangan dan keberangkatan kapal.

Tujuannya untuk memberikan perlindungan kepada perusahaan angkutan kapal, memastikan supply chain atau rantai pasok tidak terganggu dengan adanya pungli,” jelasnya.

Karena lanjutnya, tentu akan berdampak juga kepada masyarakat muara dari kasus tersebut dan membebani serta berdampak pada kenaikan harga.

Kombes Pol Hendy F Kurniawan menyebutkan, total yang sudah diperiksa mencapai 10 orang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved