Berita Daerah Terkini

Dua Rumah dan Satu Kosan Hangus Terbakar, BPBD Balikpapan Sempat Sulit Padamkan Api, Ini Penyebabnya

BPBD Balikpapan ketika memadamkan kobaran api sempat mengalami kesulitan. Pasalnya lokasi kebakaran berada di gang sempit dan kondisinya menanjak.

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO.ID/ DWI ARDIANTO
Kebakaran di Jalan Karang Jati RT 4, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur, Senin (28/11/2022). BPBD Balikpapan menurunkan 8 unit truk air dan pemadaman memakan waktu 30 menit. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN – Tiga rumah hangus terbakar di Jalan Karang Jati RT 4, Balikpapan Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur, sekira pukul 09.30 Wita, Senin (28/11/2022).

Peristiwa kebakaran yang berada di kawasan pemukiman padat penduduk di Balikpapan tersebut tak pelak membuat warga sekitar panik.

Kobaran api dengan cepat menjalar dari sat rumah ke rumah lainnya, sehingga tiga rumah yang terbuat dari beton dan kayu itupun hangus terbakar.

Baca juga: Dua Kali Terdengar Ledakan, Tiga Rumah di Klandasan Ulu Balikpapan Terbakar 

Fatma (35), salah satu warga yang tinggal di lokasi kebakaran menceritakan kejadiannya, ketika itu dirinya hendak pergi ke rumah saudaranya.

Ketika melintas, ia melihat ada api di atap salah rumah kos-kosan. Melihat kobaran api itu, ia pun langsung berteriak kebakaran

"Saya pas mau kerumah sodara, masih di atas motor. Api itu di plapon sudah besar. Nah, saya langsung teriak aja kan," ucap Fatma.

Baca juga: Lima Ruko di Kawasan Jalan Siaga Damai Balikpapan Hangus Terbakar, Pemadaman Sempat Terkendala

Penghuni kos yang mendengar ada teriakan kebakaran langsung  keluar rumah.

"Yang tinggal di kos itu teriak, kompor ku kompor ku gitu," ucapnya. 

Menurut Kepala BPBD Balikpapan, Silvia Rahmadania, bangunan yang hangus terbakar ada tiga, terdiri dari dua rumah tinggal dan satu kos-kosan. 

Kebakaran di Karang Jati Balikpapan 02 28112022
Kebakaran di Jalan Karang Jati RT 4, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur, Senin (28/11/2022). BPBD Balikpapan menurunkan 8 unit truk air dan pemadaman memakan waktu 30 menit.

Saat dilakukan pemadaman, BPBD Balikpapan sempat mengalami kendala. Hal ini dikarenakan lokasi kebakaran berada di gang yang sempit serta kondisinya di tanjakan membuat petugas kelelahan dan harus menyambung selang beberapa kali agar sampai menjangkau titik api.

"Kita butuh waktu sekitar 30 menit untuk memadamkan ya, kondisi lapangan yang sulit ini. Petugas harus menyambung selang-selang biar bisa sampai ke sini," ujar Silvia Rahmadania.

BPBD Balikpapan pun harus mengerahkan sedikitnya 8 unit mobil PMK dibantu 6 unit water supply untuk menjinakkan si jago merah.

Baca juga: Kebakaran di Pasar Maridan PPU, 30 Bangunan Hangus Terbakar dan 51 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

"Tidak ada korban jiwa. Dan penyebab masih belum kita ketahui ya, tapi informasi sementara karena kompor meledak,"  ungkap Silvia Rahmadania.

Berdasarkan data BPBD Balikpapan, korban terdampak kebakaran di Karang Jati Balikpapan, Senin (28/11/2022) yakni, Endang (55), pemilik indekos dua lantai dan Sihan (54) ada 1 KK dan 2 jiwa.

(*)

Sumber:Tribunkaltim.co

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved