Berita Malinau Terkini

Sektor Pariwisata Diramal Cerah Tahun 2023, Lembaga Adat Malinau Perlu Optimalkan Kesenian

Demi mengambil momentum sektor pariwisata yang semakin cerah, lembaga adat di Malinau perlu mengoptimalkan kesenian untuk meningkatkan kunjungan.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Cornel Dimas Satrio
TribunKaltara.com / Mohamad Supri
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malinau, Kristian Radang saat ditemui di Lansekap Pro Sehat Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (28/11/2022). (TribunKaltara.com / Mohamad Supri) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Iklim pariwisata di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara diramal membaik tahun 2023 mendatang.

Proyeksi tersebut berdasar angka kasus Covid-19 yang telah melandai serta pembatasan perjalanan tak lagi seketat tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan pentas seni dan kebudayaan menjadi upaya memperkenalkan kebudayaan daerah, serta menjadi magnet peningkatan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malinau, Kristian Radang menyatakan Pentas Seni Budaya dari Lembaga Adat Besar Punan Malinau merupakan lembaga adat ke-6 yang tampil tahun 2022 ini.

Dari total 11 suku di Kabupaten Malinau, 6 diantaranya telah tampil menunjukkan khazanah budayanya.

Sebelumnya, 5 perwakilan masyarakat yang telah menggelar kegiatan serupa yakni Masyarakat Dayak Tahol, Lundayeh, Kenyah, Kayan dan Tidung disusul hari ini Dayak Punan.

"Lembaga Dayak Punan merupakan lembaga adat ke-6 yang sudah melaksanakan Pagelaran Seni dan Budaya tahun ini. Total ada 11 suku di Malinau, 6 sudah tampil termasuk hari ini," ujarnya, Senin (28/11/2022).

Pertunjukan kesenian dari masyarakat adat Dayak Punan Malinau di Panggung Padan Liu Burung Malinau, Kalimantan Utara, Senin (28/11/2022).
(TribunKaltara.com / Mochamad Supri)
Pertunjukan kesenian dari masyarakat adat Dayak Punan Malinau di Panggung Padan Liu Burung Malinau, Kalimantan Utara, Senin (28/11/2022). (TribunKaltara.com / Mochamad Supri) (TribunKaltara.com / Mochamad Supri)

Baca juga: 31 Perwakilan Desa di Malinau Ramaikan Pentas Seni dan Budaya Dayak Punan, Dilaksanakan Dua Hari

Karakteristik tiap masyarakat adat menjadi daya tarik sekaligus memacu angka wisatawan di tiap wilayah melalui upaya promosi.

Kristian menjelaskan, pembinaan berjenjang utamanya pada sektor SDM pariwisata menjadi fokus Dinas Pariwisata pada tahun 2023 mendatang.

"Setelah kegiatan HUT kabupaten kemarin, kami sudah panggil perwakilan lembaga adat, sanggar tari dan perwakilan. Persiapan kita untuk mematangkan kegiatan seni, mempersiapkan 2023 nanti," katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Join Grup Telegram Tribun Kaltara untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltaracomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan Lupa Like Fanpage Facebook TribunKaltara.com

Follow Twitter TribunKaltara.com

Follow Instagram tribun_kaltara

TikTok officialtribunkaltara

Follow Helo YouTube Tribun Kaltara Official

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved