Berita Nunukan Terkini

Berlakukan Aturan Satu Arah, Dishub Nunukan Sosialisasikan ke Pengemudi Roda Empat di Jalan Yamaker

Untuk mengurai kemacetan, diberlakukanlah aturan satu arah, Dishub Nunukan sosialisasikan ke pengemudi kendaraan roda empat di Jalan Yamaker,

Penulis: Febrianus Felis | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / FEBRIANUS FELIS
Dinas Perhubungan Kabupaten Nunukan bersama Sat Lantas Polres dan Sat Pol PP sosialisasikan aturan satu arah untuk kendaraan roda empat di Jalan Yamaker, Selasa (29/11/2022), pagi. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan sosialisasikan aturan satu arah untuk kendaraan roda empat di Jalan Yamaker, Selasa (29/11/2022).

Bupati Nunukan mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 188.45/53/X/2022 tentang Penetapan Jalan Satu Arah Pada Jalan Yamaker Nunukan.

Kegiatan sosialisasi surat keputusan Bupati Nunukan tersebut dilakukan Dishub Nunukan bersama Sat Lantas Polres dan Sat Pol PP untuk setiap pengendara yang melintas di Jalan Tanjung sampai pertigaan Jalan Liem Hie Djung.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Lalu Lintas, Dishub Nunukan, Mahyuddin.

Baca juga: Niat Fasilitasi 9 Calon PMI Bekerja Secara Ilegal di Malaysia, Polres Nunukan Amankan Seorang Pria

"Pagi tadi kami telah melakukan sosialisasi surat keputusan Bupati Nunukan. Jadi nanti kendaraan yang lewat kawasan pasar, masuk dari arah Kantor Lurah Nunukan Barat. Tidak boleh dari arah ruko atau Liem Hie Djung lagi," kata Mahyuddin kepada TribunKaltara.com, pukul 14.30 Wita.

Menurutnya, aturan jalan satu arah bagi kendaraan roda empat tersebut dibuat untuk mengurai kemacetan sekaligus mencegah Lakalantas di kawasan Pasar Yamaker Nunukan.

"Kondisi Jalan Yamaker ini sering macet dan terjadi Lakalantas. Lebaran tahun lalu Lakalantas di kawasan pasar hingga menelan korban jiwa. Apalagi bulan depan sudah Natal dan Tahun Baru," ucapnya.

Mahyuddin mengaku di Jalan Tanjung sering dipadati kendaraan roda dua dan empat pada pagi dan sore hari.

"Kalau kita lihat pagi dan sore hari padat sekali kendaraan. Baik itu kendaraan pengunjung pasar, pedagang, termasuk masyarakat yang tinggal di sekitar pasar," ujarnya.

Untuk sementara ini aturan jalan satu arah di Jalan Yamaker berlaku bagi kendaraan roda empat.

Meski begitu kata Mahyuddin jika diperlukan tidak menutup kemungkinan aturan jalan satu arah juga berlaku bagi kendaraan roda dua.

"Ada beberapa masukan dari instansi terkait bahwa aturan jalan satu arah juga berlaku bagi kendaraan roda dua. Tapi nanti akan kami tinjau ulang. Tentu berkoordinasi dengan Sat Lantas Polres Nunukan maupun dinas terkait lainnya," tuturnya.

Sosialisasi penetapan jalan satu arah pada Jalan Yamaker Nunukan akan berlangsung paling lama satu bulan.

Mahyuddin tegaskan, bila tahapan sosialisasi selesai didapati kendaraan tidak taat aturan, maka akan diberikan sanksi oleh Sat Lantas Polres Nunukan.

Baca juga: KPU Nunukan Susun 2 Rancangan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Dalam Pemilu 2024

"Kalau nanti masih ada pelanggaran akan ada tindakan dari Sat Lantas Polres Nunukan. Bisa teguran lisan, tertulis atau langsung tilang," imbuhnya.

Dia menyampaikan bahwa banyak titik yang ke depan akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Tak hanya sekadar aturan jalan satu arah, tapi juga pengalihan hingga penutupan arus lalu lintas.

"Tapi tahun ini kami hanya programkan dua titik yakni Liem Hie Djung dan simpang empat Jalan Pasir Putih. Jalan Pasir Putih nanti tidak satu arah selama 24 jam, tapi kami atur waktunya," ungkapnya.

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved