Berita Nunukan Terkini

Bentuk Pengendalian Inflasi, Pemkab Nunukan Serahkan Bantuan Peralatan Produksi Sektor Perikanan

Harap bantuan dimanfaatkan dengan baik, tidak disia-siakan atau rusak, bentuk pengendalian inflasi, Pemkab Nunukan serahkan bantuan sektor perikanan.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / FEBRIANUS FELIS
Bupati Nunukan Asmin Laura serahkan bantuan peralatan produksi terhadap perwakilan dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) perikanan tangkap dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), Jumat (02/12/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Nunukan menyerahkan bantuan berupa sejumlah peralatan produksi untuk sektor perikanan, Jumat (02/12/2022).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Nunukan Asmin Laura kepada perwakilan dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) perikanan tangkap dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

Asmin Laura mengatakan bantuan peralatan pada sektor perikanan diberikan dalam rangka pengendalian inflasi.

"Harapannya bantuan itu dimanfaatkan dengan baik. Jangan disia-siakan apalagi sampai dijual. Saya yakin mereka orang berkompeten di bidangnya dan yang kami berikan sesuai kebutuhan mereka," kata Asmin Laura kepada TribunKaltara.com, sore.

Baca juga: Perayaan Natal Sebentar Lagi, Bupati Nunukan Harap Berjalan Kondusif, Laura: Tetap Berhati-hati

Laura menyampaikan langkah pemerintah mendorong upaya pengendalian inflasi daerah melalui beberapa kebijakan.

Diantaranya penggunaan belanja tidak terduga  dalam rangka pengendalian inflasi di daerah.

Lalu dukungan pemerintah daerah sebesar 2 persen dari dana transfer umum (dana alokasi umum dan dana bagi hasil). Terakhir pengalokasian dana insentif daerah (DID).

"Dukungan pemerintah daerah untuk pengendalian inflasi dilaksanakan melalui berbagai program dan kegiatan oleh organisasi perangkat daerah terkait," ucapnya.

Untuk sektor perikanan, Pemkab Nunukan melalui Dinas Perikanan melaksanakan kegiatan pengendalian inflasi untuk sub sektor perikanan budidaya dan sub sektor perikanan tangkap yang sejalan dengan visi Kabupaten Nunukan 2021-2026.

"Visi pemerintah daerah jelas yaitu mewujudkan Kabupaten Nunukan yang aman, maju, adil dan sejahtera. Dengan misi salah satunya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang berbasis sumber daya lokal," ujarnya.

Laura meyakini kegiatan budidaya rumput laut dan penangkapan ikan dapat membantu pertumbuhan ekonomi asalkan produksi tetap kontinu.

"Untuk pembudidaya rumput laut berupa sarana budidaya seperti tali bentang, tali cincin, waring dan terpal. Sedangkan untuk perikanan tangkap ditujukan pada nelayan bagan bantuannya berupa mesin genzet," tuturnya.

Adanya bantuan sarana produksi tersebut Laura berharap pembudidaya maupun nelayan tangkap lebih produktif.

"Kami minta dinas terkait untuk tetap mengawasi sejauh mana efektivitas bantuan yang diberikan pemerintah daerah kepada pembudidaya dan nelayan tangkap kita," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Nunukan Laksanakan Safari Natal 2022 di Wilayah Kabudaya, Asmin Laura: Semoga Berjalan Lancar

Tak Semua Kelompok Menerima Bantuan

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan, Suhadi menyebut tak semua Pokdakan dan KUB perikanan tangkap mendapatkan bantuan peralatan produksi.

"Anggaran daerah terbatas. Bantuan kepada 25 Pokdakan dan 6 KUB perikanan tangkap. Bantuan 31 unit genzet untuk KUB perikanan tangkap. Pokdakan berupa tali bentang 2.100 Kg masing-masing dapat 81 Kg," imbuh Suhadi.

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved