Berita Malinau Terkini

Pemutakhiran Data Triwulan III 2022, KPU Catat 52.580 Pemilih di Malinau, Berikut Rinciannya

Ketua KPU Malinau Lasinias menyatakan, pemutakhiran data triwulan III 2022, KPU Malinau mencatat 52.580 pemilih di Malinau, berikut rinciannya

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malinau, Lasinias saat ditemui di Kantor KPU Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Malinau mencatat data pemilih berdasarkan hasil pemutakhiran triwulan III 2022 sebanyak 52.580 jiwa.

Berdasarkan rekapitulasi pembaruan daftar pemilih berkelanjutan Triwulan III, KPU mencatat ada 1.124 pemilih TMS atau tidak memenuhi syarat.

Sementara untuk pemilih baru pada Triwulan III bertambah 765 pemilih pemula dan 1.621 pemilih pindah masuk.

Ketua KPU Malinau, Lasinias menerangkan pemutakhiran daftar pemilih terus diperbarui bersamaan dengan tahapan pemilu yang sementara ini berjalan.

Baca juga: Program Desa Sarjana 2022 di Malinau Diikuti 102 Peserta, Ada 14 Disiplin Ilmu yang Diprioritaskan

Jumlah pemilih berkelanjutan saa ini berdasarkan pembaruan triwulan III tahun berjalan berjumlah 52.580 jiwa.

"Untuk DPB terus diperbarui sambil tahapan yang lain kita kerjakan. Setiap saat data bisa berubah. Contohnya karena ada yang meninggal atau keluar daerah," ungkapnya, Minggu (4/12/2022).

Lasinias mencontohkan, pada Triwulan III 2022, hasil pembaruan menemukan terdapat sekira 50 data pemilih yang dinyatakan telah meninggal dunia.

Demikian halnya dengan pemilih yang pindah keluar, pindah masuk atau penduduk yang telah cukup umur atau pemilih pemula.

"Seperti ada yang meninggal. Jadi bukan pada bulan kemarin meninggal ya. Bisa saja dari beberapa waktu lalu, cuma surat kematian baru diurus keluarga. Jadi data terus kita perbarui setiap periode bulan berjalan," katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved