Berita Nasional Terkini

Asosiasi Pengusaha Optimistis Indonesia Tak Resesi, Faktor global yang Perlu Diantisipasi

Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo optimistis tak akan ada resesi dalam negeri, yang perlu diantisipasi hanya faktor global.

Tribun Jateng/ Hermawan Handaka
Pusat perbelanjaan atau mall di Semarang saat ini semakin marak. Banyaknya jumlah mall membuat masyarakat Kota Semarang kerap menjadikan mall sebagai tempat berkumpul baik bersama keluarga maupun teman serta rekan kerja seperti salah satu gerai Hush Puppies Paragon Mall Semarang, Selasa (30/1). Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo optimistis tak akan ada resesi dalam negeri, yang perlu diantisipasi hanya faktor global. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka) 

TRIBUNKALTARA.COM - Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo optimistis tak akan ada resesi dalam negeri, yang perlu diantisipasi hanya faktor global.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani dalam seminar Indef, Senin (5/12/2022).

Menurut Hariyadi, pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh sekitar 5,3 hingga 5,45 persen tahun 2023.

"Sementara pada 2023 diperkirakan tumbuh pada kisaran 5,15 persen-5,65 persen," ujarnya.

Prediksi pertumbuhan di angka yang tipis karena ketidakpastian yang masih sangat tinggi.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen merupakan keniscayaan.

Oleh sebab itu, Apindo pun meyakini Indonesia tak masuk resesi di tahun depan, namun mampu tetap tumbuh setidaknya di 5 persen.

"Kami yakin di atas 5 itu pasti. Guyonan di Apindo itu, tidur saja 5 persen sudah di tangan.

"Tapi kalau pakai kerja keras harusnya lebih baik karena memang ada faktor global yang memang perlu kita antisipasi," jelas dia.

Maka dalam upaya mendorong ekonomi RI di tengah pelemahan permintaan global adalah dengan memperkuat permintaan dari domestik.

Dia mengakui, tekanan ekonomi global memang terasa ke ekonomi domestik, namun seiring konsumsi dalam negeri terjaga maka dipastikan ekonomi RI akan tetap mengalami pertumbuhan positif.

"Tekanan terhadap Indonesia memang cukup besar, tapi poinnya adalah yang jelas Indonesia resesi itu, pasti enggak mungkin. Perkiraan kami di bawah 5 persen itu enggak mungkin. Pasti kita akan tetap tumbuh positif," pungkas Hariyadi.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yakin RI Tak Resesi, Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi Tumbuh 5 Persen", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/12/05/212000626/yakin-ri-tak-resesi-apindo--pemerintah-tidur-saja-ekonomi-tumbuh-5-persen.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved