Sabu Disimpan Dalam Kotak Ikan Bandeng

Breaking News Polda Kaltara Gagalkan Peredaran Sabu 21,18 Kg, Disimpan Dalam Kotak Isi Ikan Bandeng

Kelabui polisi Polda Kaltara, 21,18 Kg sabu dibungkus kantong teh China dan diletakan di bawah tumpukan ikan bandeng. Kirim pakai KM Bukit Siguntang.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Humas Polda Kaltara
Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat dan Dirresnarkoba Polda Kaltara Kombes Pol Agus Yulianto saat memberikan keterangan pers terkait pengungkapan kasus peredaran narkotika jenis sabu yang ditangani Ditresnarkoba Polda Kaltara di Pelabuhan Malundung, Tarakan, Kaltara pada Jumat (2/12/2022) lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Polda Kaltara berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu di Tarakan, Kalimantan Utara..

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan upaya pengiriman sabu dengan menggunakan KM Bukit Siguntang berhasil digagalkan jajaran Ditresnarkoba Polda Kaltara.

Satu orang dengan inisial J berhasil diamankan oleh aparat kepolisian, J diamankan di Pelabuhan Malundung, Tarakan, pada Jumat (2/12/2022) lalu.

Baca juga: Dua Kurir Sabu Seberat 2 Kg Rupanya Merupakan Residivis di Samarinda, Satu Pelaku Dinyatakan Tewas

"Tim mendalami informasi pengiriman sabu dari Tarakan menuju Sulawesi dengan menggunakan Kapal Pelni KM Bukit Siguntang," kata Daniel Adityajaya, Rabu (7/12/2022).

Daniel Adityajaya mengatakan sabu sebesar 21.185,51 gram atau 21,18 kilogram itu disimpan dalam dua kotak gabus.

Untuk mengelabui petugas, sabu yang dibungkus kantong teh China itu ditaruh di bawah tumpukan ikan bandeng.

Baca juga: Transaksi Narkoba, Pria Ini Bawa 20 Paket Sabu di Dalam Tasnya, Diamankan Polsek Balikpapan Timur

"Tim juga berhasil mengamankan dua kotak gabus yang berisikan narkoba itu, ada 11 bungkus di kotak pertama dan 10 bungkus di kotak kedua," katanya.

"Jadi sabu itu ditaruh dibawa tumpukan ikan bandeng, jadi ini cara mereka untuk menyamarkan dan mengelabui petugas," jelasnya.

Menurutnya, pelaku J berperan mengirimkan dua kotak gabus itu ke KM Bukit Siguntang. Dalam keterangannya kepada polisi, J mengaku tidak mengetahui tujuan atau penerima dari kotak gabus itu di Sulawesi.

Sabu Polda Kaltara 02 07122022
Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya saat menunjukan barang bukti narkotika berupa sabu dari hasil pengungkapan Ditresnarkoba Polda Kaltara di Pelabuhan Malundung, Tarakan, Kaltara pada Jumat (2/12/2022) lalu. (HO/Humas Polda Kaltara)

"Kami terus mengembangkan terkait yang memerintahkan dan yang akan menerima," ujarnya.

Atas perbuatannya, kini J dijerat dengan pasal berlapis. "Pelaku dijerat pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati atau seumur hidup atau pidana penjara minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun," tegasnya.

Baca juga: Gagalkan Penyelundupan 4 Kg Sabu dari Tawau Malaysia di Sebatik, Aparat Gabungan Amankan Dua Wanita

Selain 21,18 kilogram sabu, polisi turut mengamankan barang bukti berupa 143 ekor bandeng, 1 unit handphone, 2 kotal gabus serta 2 lembar karung.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved