Berita Daerah Terkini

Kapolri Listyo Sigit Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Belum Tuntas Deradikalisasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebut pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, belum tuntas deradikalisasi.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas kepolisian melakukan penutupan ruas jalan dan pengamanan sekitar lokasi ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Jalan Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022). Peristiwa ledakan bom yang terjadi di Mapolsek Astana Anyar sekitar pukul 08.20 WIB tersebut mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan tujuh orang luka-luka. Korban meninggal dunia yakni seorang pelaku pembawa bom dan seorang petugas Mapolsek Astana Anyar, sedangkan korban luka-luka adalah enam petugas mapolsek dan seorang warga. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNKALTARA.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo perintahkan semua satgas bergerak buru jaringan yang terlibat bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

Kapolri langsung meninjau lokasi terjadinya bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022).

Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku telah memerintahkan seluruh satgas agar terlibat dalam memburu jaringan terkait bom bunuh diri.

"Tentunya kita melakukan proses pencarian terhadap kelompok yang terafiliasi dengan pelaku.

Kita minta kepada seluruh rekan-rekan untuk bisa membantu kami agar menuntaskan kasus ini dengan maksimal.

Seluruh Satgas sudah saya perintahkan agar semuanya bergerak," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers di lokasi kejadian, mengutip tayangan Breaking News Kompas TV.

Baca juga: Detik-detik Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Bandung, Pelaku Terobos Apel Pagi Sambil Acungkan Sajam

Kapolri mengatakan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar tak cuma menewaskan pelaku terduga teroris, yang diketahui berinisial AS.

Seorang polisi yang bertugas di Polsek Astana Anyar juga meninggal dunia, setelah sebelumnya sempat kritis.

Kini tersisa 9 anggota polisi yang menjalani perawatan dan satu masyarakat yang mengalami luka-luka.

Dari hasil pemeriksaan sidik jari oleh polisi, Listyo Sigit Prabowo menegaskan identitas pelaku adalah Agus Sujiatno atau biasa dikenal dengan Abu Muslim.

Terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar diketahui pernah terlibat dalam peristiwa serupa beberapa waktu lalu.

Bahkan AS sempat menjalani hukuman penjara dan telah bebas pada 2021 silam.

"Yang bersangkutan pernah ditangkan karena peristiwa bom Cicendo, sempat dihukum 4 tahun. Bulan Oktober 2021 lalu yang bersangkutan bebas.

Kegiatan yang bersangkutan kita ikuti, namun pelaku terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung, atau JAD Jawa Barat," ungkap Kapolri.

Kondisi pintu masuk Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat pasca ledakan bom bunuh diri yang terjadi pada Rabu (7/12/2022) pagi.
Kondisi pintu masuk Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat pasca ledakan bom bunuh diri yang terjadi pada Rabu (7/12/2022) pagi. (IST)

Baca juga: Bripka DP Buka Paket dari Indramayu Langsung Meledak, Benda Diduga Bom Lukai Personel Polresta Solo

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved