Berita Daerah Terkini

Update Kaburnya 11 Tahanan Polresta Balikpapan, 2 Orang Ditangkap di Kutim, Istri Ikut Diamankan

Update kasus kaburnya 11 tahanan Polresta Balikpapan, jajaran Polres Bontang bersama Polresta Balikpapan dan Polda Kaltim berhasil ringkus dua tahanan

Editor: Sumarsono
Tribun Kaltim/Dwi Ardianto
Tahanan Polresta Balikpapan kabur dengan cara memotong teralis jendela pakai gergaji. Setelah itu melilitkan kain sarung untuk bisa turun dari tembok setinggi 4 meteran. 

TRIBUNKALTARA.COM, BONTANG - Update kasus kaburnya 11 tahanan Polresta Balikpapan, jajaran Polres Bontang bersama Polresta Balikpapan dan Polda Kaltim berhasil meringkus dua tahanan.

Kedua tahanan Polresta Balikpapan, yakni berinisial BM dan DL ditangkap di rumah istrinya, Kecamatan Teluk Pandan, Bontang , sekitar pukul 09.30 Wita tadi, Minggu (1/1/2023)

Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Prasetiya melalui Kasat Reskrim Iptu Bonar Hutapea saat dikonfirmasi, mengatakan, dua tahanan kabur ke rumah tersangka BM. 

Saat menerima laporan, tim gabungan langsung menjemput kedua tahanan Polresta Balikpapan yang kabur serta mengamankan isteri BM yang diduga ikut menyembunyikan suaminya.

"Dapat informasi dari masyarakat yang melihat tahanan Polresta Balikpapan berada di Teluk Pandan. Kami back up tim Jatanras Polda dan Polresta Balikpapan," kata Iptu Bonar.

Dua tahanan dan satu istri yang turut membantu menyembunyikan kini dibawa ke Polresta Balikpapan untuk dimintai keterangan.

Baca juga: Berikut Kronologi Kaburnya 11 Tahanan Polresta Balikpapan, Seluruhnya Tersangka Tangkapan Unit PPA

Diketahui dua tahanan itu masuk dalan daftar 11 tahanan yang kabur dengan membobol jeruji besi Ruang Tahanan Polresta Balikpapan, pada Sabtu (31/12/2022) kemarin. 

Diimbau agar masyarakat melaporkan jika menemukan hal-hal mencurigakan di lingkungan.

"Kalau ada yang mecurigakan segera laporkan ke polsek atau polres terdekat," pungkasnya.

Kondisi ventilasi sel tahanan yang dijebol, oleh para tahanan untuk melarikan diri pada larut malam tadi, Sabtu (31/12/2022).
Kondisi ventilasi sel tahanan yang dijebol, oleh para tahanan untuk melarikan diri pada larut malam tadi, Sabtu (31/12/2022). (TRIBUNKALTARA.COM / DWI ARDIANTO)

Sementara itu Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Thirdy Hadmiarso, Minggu (1/1/2023), mengatakan dua tahanan, BM dan DL diamankan sekitar pukul 09.30 Wita di Jalan Poros Sangata Bontang KM 26, Teluk Pandan, Kutai Timur.

"Pengejaran tersebut membuahkan hasil, dua dari 11 napi yang kabur telah diamankan kembali," tutur Thirdy Hadmiarso. 

Selain kedua tahanan itu, Tim Polresta Balikpapan bersama Jatanras Polda Kaltim turut mengamankan isteri BM yang disinyalir ikut mmembant upaya melarikan diri itu.

Kombes Pol Thirdy Hadmiarso meneruskan, ketiga orang tersebut langsung diringkus ke ruang tahanan Polda Kaltim untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Baca juga: Kronologi Kaburnya 11 Tahanan Polresta Balikpapan, Potong Teralis dengan Gergaji, Turun Pakai Sarung

Diberitakan sebelumnya, belasan tahanan tersebut merupakan tersangka tangkapan dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak ( PPA ) Satreskrim Polresta Balikpapan, dikumpulkan dalam ruang tahanan yang sama.

Seluruhnya melakukan aksi melarikan diri tersebut dengan cara memotong teralis yang ada di ventilasi ruang tahanan.

Terlihat di lokasi ada 5 sarung digabung menjadi satu, menjuntai ke sisi luar ruang tahanan dengan terikat ke teralis ventilasi.

Aksi nekat itu, diperkirakan pada pukul 00.05 Wita. Setelah seluruhnya keluar dari ruang tahanan, mereka mengendap menuju pagar tembok belakang halaman Mapolresta Balikpapan.

"Tiga tahanan sudah kita tangkap sekitar pukul 03.00 Wita. Selebihnya masih kita lakukan pengejaran," imbuh Thirdy.  (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved