Berita Tana Tidung Terkini

PMK Tana Tidung Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Balai Pertemuan Desa, Petugas Pakai APD Lengkap

Sarang tawon vespa sangat berbahaya, apalagi kalau terkena sengatan tawon. Untuk itu anak-anak perlu diberikan edukasi bahaya sarang tawon.

Penulis: Risnawati | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Kominfo KTT
PMK Tana Tidung saat mengevakuasi sarang tawon vespa di BPU Desa Periuk, Kecamatan Betayau, Tana Tidung, Kaltara, Rabu (18/1/2023) kemarin. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANA TIDUNG - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau PMK Tana Tidung mengevakuasi sarang tawon vespa, Rabu (18/1/2023) kemarin.

Diketahui, sejumlah petugas PMK Tana Tidung  diterjunkan dalam mengavakuasi sarang Tawon Vespa di Balai Pertemuan Umum Desa Periuk, Kecamatan Betayau, Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Kepala Dinas PMK, Usman Saleh mengatakan, pemusnahan sarang tawon ini untuk mengantisipasi kejadian berbahaya bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Jangan Lupa Lapor Call Center 112 dan 113, PMK Tarakan Hanya Butuh 10 Menit Evakuasi Sarang Tawon

Hal ini dikarenakan jenis sarang tawon vespa sangat berbahaya jika terkena sengatannya

"Petugas kita juga pakai APD lengkap, dan proses evakuasi juga berjalan," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (19/1/2023)

Dia menyampaikan, tupoksi Dinas PMK Tana Tidung tidak hanya Memadamkan kebakaran saja.

Baca juga: Kisah Pilu Personel TNI 4 Tahun Lumpuh usai Disengat Tawon Ndas, Tubuhnya Mendadak Tak Bisa Bergerak

Melainkan, juga menyelamatkan masyarakat dari binatang buas dan berbahaya.

"Tugas kami tidak hanya memadamkan api. Menyelamatkan masyarakat dari binatang membahayakan dan buas yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat juga siap untuk ditangani," katanya.

Sebelumnya, Dinas PMK Tana Tidung juga melaksanakan sosialisasi tentang pemadaman kebakaran dan penyelamatan.

PMK Tana Tidung saat mengevakuasi sarang tawon vespa di BPU Desa Periuk, Kecamatan Betayau, Tana Tidung, Kaltara, Rabu (18/1/2023) kemarin. (TRIBUNKALTARA.COM/HO-Kominfo KTT)
PMK Tana Tidung saat mengevakuasi sarang tawon vespa di BPU Desa Periuk, Kecamatan Betayau, Tana Tidung, Kaltara, Rabu (18/1/2023) kemarin. (TRIBUNKALTARA.COM/HO-Kominfo KTT) (TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Kominfo KTT)

Adapun sasaran dari sosialisasi tersebut adalah TK Negeri Pembina Tana Tidung.

Usman mengatakan, edukasi tersebut sangat penting diberikan sejak usia dini. Sehingga mengetahui hal-hal berbahaya bagi mereka.

"Anak-anak usia dini perlu diberikan edukasi dan pengetahuan tentang bahaya bermain dengan Api serta mendekati binatang-binatang yang buas yang dapat membahayakan nyawa anak-anak," pungkasnya.

(*)

Penulis: Risnawati

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved