Berita Malinau Terkini

Update Banjir di Malinau Sudah Surut, Arus Lalu Lintas di Jalan Wlayah Kota Kembali Normal

Jalan perkotaan Malinau Kalimantan Utara yang sempat banjir kini sudah surut, dan arus lalu linta kembali pulih seperti biasa.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Banjir di Malinau Surut dan lalu lintas di wilayah Malinau Kota dan sekitarnya terpantau telah pulih seperti biasa di Malinau Kalimantan Utara, Selasa (23/5/2023). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Jalan wilayah perkotaan Malinau, Kalimantan Utara sempat terendam banjir kini  telah surut siang ini, Selasa (23/5/2023).

Ruas jalan yang sempat tergenang banjir, mulai dari Kecamatan Malinau Kota, Malinau Utara dan Malinau Barat kini terpantau surut sepenuhnya.

Sebelumnya, Banjir merendam wilayah ibu kota Malinau sempat mengakibatkan lalu lintas terdampak karena tergenang luapan Sungai Sesayap.

Baca juga: Banjir Rendam Ruas Jalan Utama di Malinau Kota, Pengguna Jalan Disarankan Tempuh Jalur Alternatif

Dilaporkan banjir sudah surut sejak malam tadi sekira pukul 21:00 Wita. Hingga Siang ini, seluruh luas jalan telah dapat dilalui kendaraan bermotor.

Pantauan TribunKaltara.com, aktivitas bersih-bersih setelah banjir sejak malam hingga siang tadi.

Kapolres Malinau, AKBP Andreas Deddy Wijaya menyampaikan hingga siang ini aktivitas arus lalu lintas telah kembali pulih.

Baca juga: Tepat Setahun Banjir Merendam Ibu Kota Malinau, Ketinggian Air Diprediksi Capai Puncaknya Malam ini

Masyarakat terdampak diimbau untuk membersihkan kediaman, saluran air hingga untuk menghindari dampak sehabis banjir.

"Menghindari dampak yang bisa terjadi sehabis banjir, warga diimbau untuk dapat membersihkan lingkungan dan saluran agar memperlancar laju pembuangan air," ungkapnya, Selasa (23/5/2023).

Andreas melaporkan arus lalu litas yang sempat menggenangi jalan poros Malinau Kota telah surut dan lalu lintas kembali pulih.

Banjir merendam Malinau Kota dan sekitarnya hingga Senin (23/5/2023) sore. Saat ini banjir telah surut dan lalu lintas kembali normal.
Banjir merendam Malinau Kota dan sekitarnya hingga Senin (23/5/2023) sore. Saat ini banjir telah surut dan lalu lintas kembali normal. (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Selain penanganan banjir, dampak pasca banjir juga perlu mendapatkan perhatian serius bagi keluarga terdampak.

Camat Malinau Kota, Muhammad Yusuf menerangkan fenomena sehabis banjir rutin diikuti laporan meningkatnya laporan gangguan kesehatan warga.

Seperti di beberapa wilayah yang rutin tergenang di Malinau Kota. Biasanya penyakit seperti diare hingga DBD kerap dilaporkan warga.

Baca juga: Update Banjir di Malinau, Diprediksi Terus Naik, karena Bertepatan dengan Air Laut Pasang Siang Ini

"Biasanya sehabis banjir, laporan gangguan kesehatan seperti Diare, Demam berdarah dan penyakit pasca banjir sering kita dapatkan. Ini salah satu pentingnya penanganan khususnya kebersihan setelah kejadian banjir," katanya.

Hingga siang ini, masih terdapat genangan di sejumlah daerah, khususnya wilayah berhampiran Sungai Sesayap. Arus lalu lintas terpantau telah pulih dan kembali normal di Malinau Kota dan sekitarnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved