Cuaca Kaltara

Info Cuaca Kaltara di Akhir Pekan, BMKG Imbau Warga Waspadai Hujan Sedang - Lebat Disertai Petir

BMKG Kaltara mengeluarkan peringatan, terhadap waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Penulis: Edy Nugroho | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / EDY NUGROHO
Cuaca Tanjung Selor, Bulungan pada siang ini cerah, berawan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Kaltara mengeluarkan peringatan, terhadap waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di akhir pekan, Sabtu (27/05/2023) ini.

Di Bulungan, hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai petir, berpotensi terjadi di Peso, Peso Hilir, Sekatak, dan Tanjung Palas Barat pada siang mulai sekira pukul 14.00 Wita.

Sementara di Tanjung Selor, hujan dengan intensitas ringan.

Begitu pun di Malinau dan Kabupaten Tana Tidung. Akhir pekan, hujan sedang-lebat berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari.

Baca juga: Waspada Menghadapi Dampak Potensi Cuaca Ekstrem., BPBD Kaltara Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Semantara malam hari (alam Minggu) hujan diprakirakan terjadi merata di seluruh wilayah di Kalimantan Utara.

Menurut BMKG, pada malam hingga dini hari hujan berpotensi terjadi di wilayah Tarakan, Bunyu, Sei Menggaris, Sembakung Atulai, Sesayap, Sungai Boh, Tana Lia, Nunukan, Tana Tidung, dan Kayan Hilir.

Berdasar rilis BMKG, cuaca cerah berawan diprakirakan pada Minggu pagi di Bulungan, Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Malinau.

Hujan juga diprakirakan terjadi merata di wilayah Nunukan. Utamanya pada malam hari, diprediksi hujan cukup lebat, disertai petir. Ini prakirakan terjadi sekitar pukul 23.00 Wita - hingga dini hari.

BMKG juga menyebut, suhu udara di wilayah Kaltara berada pada kisaran 18 - 32 derajat celcius. Suhu terendah di daerah Bahau Hulu. Sementara suhu tinggi di daerah Sekatak dan sekitarnya. Kecepatan angin rata-rata 20 knots. Tinggi gelombang 0,5 - 1,25 meter.

Adapun tingkat kelembapan cenderung berbeda di setiap kecamatan. Yaitu dalam kisaran 75 sampai 95 persen.

Dari kondisi ini, BMKG Kaltara memperingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap kemungkinan bencana yang ditimbulkan.

Baca juga: Cuaca di Tanah Suci Panas Capai 40 Derajat, Calon Jemaah Haji Tarakan Diingatkan Bawa Payung

Waspadai kemungkinan banjir akibat air meluap, pohon tumbang hingga tanah longsor ketika hujan. Terutama yang berkendara, untuk mewaspadai jalan licin dan tetap berhati-hati.

(*)

Penulis: Edy Nugroho

Sumber: Tribun Kaltara
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved