Menteri Asal Gerindra dan PDIP Tersandung Korupsi, Politisi PPP Usulkan Reshuffle, Reaksi Istana ?

Menteri KKP Edhy Prabowo dan Mensos Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi oleh KPK. Kolase TribunKaltara.com / Tribunnews

TRIBUNKALTARA.COM - Dua menteri dalam Kabinet Indonesia Maju kini berstatus tersangka dugaan korupsi .

Keduanya, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta Menteri Sosial Juliari Batubara .

Akibatnya, kementerian yang dipimpin Edhy Prabowo dan Juliari Batubara kini dijabat oleh menteri Ad Interim atau sifatnya sementara.

Desakan pun muncul kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar segera menunjuk menteri definif .

Salah seorang yang mengusulkan pergantian terhadap Edhy Prabowo ( Gerindra ), dan Juliari Batubara ( PDIP ), yakni politisi Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ) Arsul Sani .

Menurut Arsul Sani , hal itu sekaligus bisa menjadi momen untuk melakukan reshuffle kabinet.

"Terkait dengan terseretnya dua anggota kabinet dalam kasus hukum di KPK , PPP mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk segera mengisi pos dua menteri ini segera secara definitif," kata Arsul Sani kepada Tribunnews, Senin (7/12/2020).

"Tentu pengisian dua pos menteri ini bisa sekaligus menjadi ruang untuk reshuffle kabinet yang memang tidak ditutup kemungkinannya oleh presiden," imbuhnya.

Kendati demikian, Wakil Ketua MPR RI ini menilai, reshuffle kabinet bukan merupakan satu-satunya jalan yang harus dilakukan Jokowi untuk mengisi kekosongan kursi dua menteri.

Arsul Sani menyerahkan keputusan tersebut sepenuhnya hak prerogatif yang dimiliki Presiden Jokowi.

Halaman
1234

Berita Populer