2 Menterinya Ditahan KPK, Jokowi Disebut Segera Lakukan Reshuffle, Politisi PKB Beber Tanggal Baik

CUTI BERSAMA Presiden Jokowi pada rapat terbatas pengadaan vaksin di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2020). Presiden Jokowi meminta adanya pengurangan jatah libur akhir tahun dan pengganti cuti Idul Fitri pada Desember.

TRIBUNKALTARA.COM - Dua menteri Joko Widodo atau Jokowi saat ini berstatus tersangka dugaan korupsi .

Keduanya, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara .

Keduanya telah ditetapakan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ).

Praktis, dua posisi menteri yang dijabat oleh keduanya kini dijabat oleh menteri Ad-Interim atau sifatnya sementara.

Saat ini, isu reshuffle pun berhembus, baik dari kalangan parpol maupun pengamat politik. 

Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) kemungkinan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle pada akhir Desember 2020, seiring dua menterinya ditetapkan tersangka dugaan suap oleh KPK .

"Menurut saya, sangat mungkin terjadi reshuffle pada Rabu Pon tanggal 23 Desember nanti," ujar Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid saat dihubungi, Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Menurut Jazilul, pada bulan ini terdapat dua tanggal yang baik berdasarkan penanggalan Jawa, yaitu 23 dan 30 Desember 2020.

"23 Desember jatuhnya Rabu Pon, neptunya 14 Lakuning Rembulan atau berikutnya 30 Desember Rabu Kliwon, neptunya 15 lakuning Srengenge (Matahari). Semua sama bagusnya. Hemat saya, Rabu Pon bagus, lebih adem ayem. Namun, itu mutlak kewenangan Presiden kapan hari yang tepat dan pengganti yang tepat pula," kata Jazilul.

Terlepas dari hal tersebut, Jazilul mengimbau semua pihak untuk bersabar, karena perombakan kabinet merupakan hak prerogatif dari Presiden .

Halaman
1234

Berita Populer