Berita Malinau Terkini

Jadi Pelopor Informasi Desa di Malinau, Kades Long Pada Faridan Liwah Lirik Potensi Wisata Alam

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Amiruddin
Kepala Desa Long Pada, Faridan Liwah saat ditemui awak media di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (14/1/2021). (TribunKaltara.com/Mohammad Supri)

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Desa Long Pada menjadi perbincangan akhir-akhir ini karena mampu menghadirkan sistem informasi desa secara online.

Kendati letak geografisnya terbilang sulit dijangkau karena letak dan akses transportasi yang terbatas, namun desa tersebut menjadi pelopor sistem informasi desa (SID) di Malinau.

Kepala Desa Long Pada, Faridan Liwah menerangkan pihaknya berencana akan menyediakan informasi dan promosi wisata alam di desanya melalui website desa.

Baca juga: UMKM Pro Sehat Malinau Kembali Dibuka, Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19 Dievaluasi Rutin

Baca juga: MK Rilis Jadwal Sidang Perkara Pilkada, Berikut Waktu Sidang Pertama untuk Sengketa Pilkada Malinau

Baca juga: Sempat Putus Karena Tergerus Air, Jalan Poros Bulungan - Malinau Sekarang Sudah Dapat Dilalui

Selain itu, berkat kehadiran website desa, dia mengatakan informasi mengenai potensi wilayah, termasuk potensi wisata alam, budaya dan kearifan lokal masyarakat turut dipublikasikan.

"Ada sejumlah potensi wisata alam di desa kami. Ini bisa jadi daya tarik di desa. Tim spasial di desa sudah lakukan pendataan," ungkapnya kepada TribunKaltara.com melalui telepon seluler, Minggu (24/1/2021).

Selain mendata lokasi potensi wisata, pihaknya turut melakukan pendataan jenis flora dan fauna yang terdapat di desa tersebut.

Terkait potensi wisata alam, menurut Faridan Liwah, ada beberapa objek wisata yang bisa diandalkan di desa tersebut.

"Di Long Pada, ada Air Terjun Kalianyak, Gua Batu dan batu sakral, seperti Batu Tilung. Batu ini bentuknya seperti kamar," ujarnya.

Faridan Liwah mengatakan, menurut kepercayaan masyarakat setempat, jika permukaan batu tersebut dibersihkan maka akan mengakibatkan terjadinya kemarau panjang.

Demikian halnya air terjun Kalianyak dan Gua alam yang terbentuk dari bebatuan besar di desa tersebut punya potensi besar untuk dikembangkan.

Halaman
12