Berita Nasional Terkini

Info BMKG Jumat 14 Mei 2021 Besok, Waspada Cuaca Ekstrem di 18 Wilayah, Termasuk Kalimantan Utara

ILUSTRASI - Cuaca ekstrem di Kalimantan Utara. (TribunKaltara.com / Cornel Dimas Satrio)

TRIBUNKALTARA.COM - Info BMKG Jumat 14 Mei 2021 Besok, Waspada Cuaca Ekstrem di 18 Wilayah, Termasuk Kalimantan Utara.

Dalam rilis resmi BMKG, daerah seperti Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, hingga Kalimantan Timur berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Jumat besok.

Sementara wilayah seperti Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Selatan diprediksi diguyur hujan yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang.

Sementara itu, angin kencang berpotensi  terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur.

BMKG mengimbau warga agar tetap waspada dengan perubahan cuaca yang bisa saja terjadi. 

BMKG memperkirakan adanya potensi hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir di sejumlah wilayah.

Baca juga: Lebaran Idul Fitri di Tarakan Disambut Hujan, Berikut Prakiraan Cuaca Kamis 13 Mei 2021

Baca juga: Prakiraan Cuaca saat Lebaran Idul Fitri Kamis 13 Mei 2021, 9 Kecamatan di Malinau Waspada Petir

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Kamis (13/5/2021), menyampaikan adanya Bibit siklon tropis 03W terpantau di Laut Sulu - Filipina bag tengah yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Kalimantan Utara.

Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna dan di Selat Malaka yang membentuk konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Utara hingga Laut Natuna bagian Timur, di Aceh, dari Selat Karimata hingga Jambi.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir Barat Sumatera Barat, dari Lampung hingga Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di NTT, di Kalimantan Barat, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar, di Maluku dan di Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Halaman
1234

Berita Populer