Berita Tanjung Selor Terkini

Ada 700 Dosis Vaksin AstraZeneca di Kaltara, Dinkes Tunda Kegiatan Vaksinasi Untuk TNI

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi
Editor: Junisah
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy, ditemui di Kantor Gubernur Kaltara, Senin (4/1/2021). ( TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI )

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy membenarkan adanya 700 Dosis vaksin AstraZeneca di Kaltara, yang kini dihentikan sementara penggunaannya.

Keberadaan 700 Dosis atau 70 Vial vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 itu, diketahui tiba di Kaltara sejak 5 Mei lalu.

Dengan adanya instruksi penghentian sementara penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 dari Kemenkes RI pada hari Minggu lalu, pihaknya pun menunda pelaksanaan vaksinasi bagi anggota TNI di Kaltara pada esok hari.

Baca juga: Banjir Berangsur Surut di Desa Tanjung Lapang, Puluhan Pengungsi Pulang ke Rumah

Hal tersebut ia ungkapkan saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Senin (17/5/2021).

“Memang sedianya akan ada vaksinasi di lingkungan TNI, namun karena saat ini AstraZeneca batch CTMAV547 dihentikan sementara, maka kami tunda dulu,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy.

Di mana hingga saat ini keberadaan 700 Dosis vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 tersebar di Instalasi Farmasi Kesehatan atau IFK yang ada di Kabupaten Kota di Kaltara.

Baca juga: Pemkab Penajam Paser Utara Buka CPNS 2021, Siapkan 702 Formasi, Catat Jadwalnya

“Saat ini ada di IFK Kabupaten Kota di Bulungan, Tarakan, Malinau dan Nunukan,” terangnya.

Lebih lanjut, Agust mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kemenkes RI, terkait penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547.

Baca juga: Dihentikan Sementara, Dinkes Bulungan Pastikan Tidak Miliki Vaksin AstraZeneca  

“Kita masih menunggu instruksi lebih lanjut, karena pengujian ulang sebagian produk vaksin ini adalah sebagai bentuk kehati-hatian pemerintah,” katanya.

Sebagai informasi, sedianya pada hari Selasa esok akan diselenggarakan vaksinasi bagi anggota dan keluarga di lingkungan TNI, yang akan diselenggarakan serentak di lima Kodim se-Kaltara, dengan total alokasi vaksin sebanyak 700 dosis.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi