Berita Malinau Terkini

Info Gangguan Distribusi Air: Ada Perbaikan IPA Kuala Lapang, Malinau Kota & Malinau Barat Mati Air

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Sumarsono
Warga mengambil pasokan air bersih di IPA Tj Lima Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimanyan Utara, beberapa waktu lalu.

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Perumda Apa Mening Malinau mengumumkan penghentian sementara Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Desa Kuala Lapang.

IPA Kuala Lapang tidak akan beroperasi karena dalam proses perbaikan. Distribusi air bersih berkurang di beberapa wilayah Kabupaten Malinau dan terdampak.

Mati air terjadi di wilayah Kecamatan Malinau Kota, Malinau Barat dan sekitarnya.

Manajer Infrastruktur dan Manajemen Produk Perumda Apa Mening, Sopiansyah saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

Baca juga: Pengaruhi Air Bersih, Masyarakat Adat Minta Pemerintah Seriusi Isu Kerusakan Lingkungan di Malinau

"IPA Kuala Lapang off karena ada kerusakan pada inverter. Air masih jalan tapi debitnya berkurang.

Sementara ini masih dalam proses perbaikan, diperkirakan kembali normal 2-3 jam ke depan," ujarnya saat dihubungi TribunKaltara melalui sambungan telepon, Selasa sore (6/7/2021).

Sopiansyah mengatakan sekalipun IPA Kuala Lapang dihentikan sementara waktu, air bersih tetap mengalir ke rumah pelanggan.

Dikarenakan IPA Malinau masih beroperasi normal. Namun, gangguan berkaitan pasokan air bersih diperkirakan berkurang atau tidak mengalir di rumah pelanggan.

Baca juga: Sempat Teredam Banjir, Pengolahan Air Bersih di Kabupaten Malinau Kembali Normal

"IPA Kuala dihentikan sementara, tapi IPA Malinau masih beroperasi normal. Mungkin jumlah air yang mengalir berkurang. Kami mohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan," katanya.

Sementara itu, Pengelola Warung Makan di Desa Malinau Hulu, Rusmiati mengakui air masih mengalir di warung makan miliknya.

Namun, karena distribusi air mengalami gangguan sehingga jumlahnya lebih sedikit dibanding biasanya.

"Masih mengngalir di keran, tapi kecil. Tadi diumumkan katanya ada perbaikan. Airnya begini dari pukul 3 sore. Belum tau juga kapan normal," ungkapnya.

IPA Kuala Lapang diperkirakan selesai tahap perbaikan dan akan beroperasi normal 2 hingga 3 jam mendatang, atau sekira pukul 21:00 Wita.

(*)

Penulis : Mohammad Supri